23 August 2009

SPM 4 - Pusat Pertanggungjawaban

Materi Pembahasan:

1. Pusat Pertanggungjawaban
2. Revenue Centers ( Pusat Pendapatan )
3. Expense Centers ( Pusat Beban )
4. Administrative anda Support Centers ( Pusat Pendukung dan Administrasi )
5. Research and Development Centers ( Pusat Penelitian dan Pengembangan )
6. Marketing Centers ( Pusat Pemasaran )


I. PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN
Pusat pertanggungjawaban merupakan organisasi yang dipimpin oleh seorang manajer yang bertanggungjawab terhadap aktivitas yang dilakukan.


Sifat Pusat Pertanggungjawaban

Pusat-pusat pertanggungjawaban muncul guna mewujudkan satu atau lebih tujuan, yang disebut OBJECTIVE (tujuan jangka pendek). Perusahaan secara keseluruhan memiliki GOAL (tujuan jangka panjang), dan manajer senior menentukan sejumlah strategi untuk mencapai goal tersebut.


Hubungan antara Input dan Output
Disini, pengendalian berfokus pada penggunaan input MINIMUM yang dibutuhkan untuk memproduksi output yang dibutuhkan menurut spesifikasi tepat dan standar yang berkualitas, tepat pada waktunya, dan dengan jumlah yang diminta.
Dalam litbang, hubungan antara input dan output bahkan lebih bersifat kabur.

Mengukur Input dan Output
Adalah lebih mudah untuk mengukur biaya input daripada untuk menghitung nilai output.

Efisiensi dan Efektivitas
Konsep input, output, dan biaya bisa digunakan untuk menjelaskan makna efisiensi an efektivitas, yang merupakan dua kriteria dimana kinerja pusat pertanggungjawaban dinilai.


Efisiensi adalah perbandingan output terhadap input , atau jumlah output per unit input.
Dalam banyak pusat pertanggungjawaban, efisiensi diukur dengan cara membandingkan biaya-biaya aktual dengan standar dimana biaya-biaya tersebut harus diukur dengan output yang terukur.
Meskipun metode ini dapat digunakan, dia mempunyai DUA KELEMAHAN besar yaitu :
1. biaya-biaya yang tercatat bukanlah tolok ukur terhadap sumber daya-sumber daya yang sebenarnya digunakan,
2. standar pada hakikatnya merupakan perkiraan tentang apa yang secara ideal harus tercapai dalam kondisi-kondisi yang ada.

Dibandingkan dengan efisiensi, yang ditentukan oleh hubungan-hhubungan antara input dan output, EFEKTIVITAS ditentukan anatar output yang dihasilkan oleh pusat pertanggungjawaban dengan tujuan jangka pendek (objectives).

Secara ringkas, sebuah pusat pertanggungjawaban akan bersifat EFISIEN jika melakukan hal-hal tertentu secara tepat, dan akan bersifat EFEKTIF jika melakukan hal-hal yang tepat.

Peranan laba. Tujuan utama dari setiap perusahaan yang berorientasi laba adalah memperoleh laba yang memuaskan. Oleh karenanya, laba merupakan tolok ukur yang penting dari efektivitas.

Jenis-jenis Pertanggungjawaban
Ada EMPAT (4) jenis pusat pertanggungjawaban, yang digolongkan menurut sifat input dalam bentuk uang dan/atau output yang diukur dengan tujuan pengendalian, yaitu :
1. Pusat pendapatan
2. Pusat biaya
3. Pusat Laba
4. Pusat investasi
Masing-masing pusat pertanggungjawaban membutuhkan perencanaan dan sistem pengendalian yang berbeda.

II. PUSAT PENDAPATAN
Pada hakikatnya, pusat pendapatan merupakan unit-unit pemasaran/penjualan yang tak memiliki wewenang untuk menetapkan harga jual dan tidak bertanggungjawab atas harga pokok barang-barang yang mereka pasarkan.

III. PUSAT BIAYA
Pusat Biaya Teknik
Pusat biaya teknik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Input-input mereka dapat diukur dalam bentuk jumlah uang
2. Input-input mereka dapat diukur dalam bentuk fisik
3. Jumlah optimum input dalam bentuk jumlah dolar yang dibutuhkan untuk memproduksi sebuah unit output dapat ditentukan.

Pusat Biaya Kebijakan
Pusat biaya kebijakan meliputi unit-unit adminstratif dan pendukung (sperti akuntansi, hukum, hubungan-hubungan industrial, hubungan masyarakat, sumber daya manusia), operasi-operasi litbang dan hampir semua aktivitas pemasaran.

Pada sebuah pusat biaya kebijakan, selisih antara anggaran dan biaya yang sesungguhnya bukanlah tolok ukur bagi efisiensi. Pada hakikatnya, ia hanya merupakan selisih antara input yang dianggarkan dan input yang sesungguhnya, dan tidak mencakup nilai output.

Ciri-ciri Pengendalian Umum
PenyusunanAnggaran
Anggaran Inkremental
Telaah Berbasis Nol (zero-base Review)
Variasi Biaya
Tipe Pengendalian Keuangan
Pengukuran Kinerja

IV. PUSAT ADMINISTRATIF DAN PENDUKUNG
Permasalahan dalam Pengendalian
1. Kesulitan dalam Pengukuran hasil Produksi
2. Tidak Adanya Keterpaduan Tujuan

Penyiapan Anggaran
- terperinci
- detailnya tergantung pada penting tidaknya pengeluaran tersebut dan keinginan manajemen.

V. PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
Permasalahan dalam Pengendalian
Pengendalian terhadap litbang akan menunjukkan karakteristik kesulitannya, trutama sekali, kesulitan dalam hal :
- menghubungkan hasil yang diperoleh dengan inputnya, dan
- tidak adanya keterpaduan tujuan.

Rangkaian Kesatuan Kerja Penelitian dan Pengembangan
Program Litbang
Anggaran Tahunan
Pengukuran Kinerja
Di banyak perusahaan pihak manajemen menerima DUA jenis laporan mengenai kegiatan-kegiatan litbang, yaitu :
1. membandingkan perkiraan terakhir mengenai biaya keseluruhan dengan jumlah masing-masing proyek aktif yang disepakati,
2. terdiri dari perbandingan pengeluaran yang dianggarkan dengan pengeluaran yang sesungguhnya pada masing-masing pusat tanggung-jawab.

Tujuannya adalah : untukmembantu para eksekutif peneliti untuk mengantisipasi pengeluaran dan untuk memastikan bahwa komitmen pengeluaran tersebut dipenuhi.

VI. PUSAT PEMASARAN
Aktivitas Logistik
Adalah aktivitas-aktivitas memindahkan barang dari perusahaan ke para pelanggannya dan mengumpulkan uang dari para pelanggannya.

Aktivitas Pemasaran
Adalah aktivitas-aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh pesanan.

Secara ringkas terdapat TIGA JENIS AKTIVITAS dalam organisasi pemasaran dan konsekuensinya, terdapat TIGA JENIS TOLOK UKUR aktivitas :
1. aktivitas logistik, dimana banyak biayanya merupakan biaya teknik
2. penciptaan pendapatan (generation of revenue), yang biasanya dievaluasi dengan membandingkan penghasilan aktual dan kuantitas fisik yang dijual baik dengan pendapatan yang dianggarkan maupun unit-unit yang dianggarkan,
3. biaya order-getting, dimana merupakan biaya kebijakan, karena tidak seorangpun tahu berapa persisnya jumlah optimum yang harus dikeluarkan.

Sebagai konsekuensinya, tolok ukur efisiensi dan efektivitas bagi biaya-biaya ini sangat subjektif.


Setelah saya mengulas tentang artikel ini, ada baiknya bagi yang belum membaca tentang sifat pengendalian manajemen , juga terus membaca tentang cara untuk memahami strategi , perilaku dalam organisasi , dan Pusat Pertanggungjawaban , juga Pusat Laba serta tentunya Metode Harga Transfer , membaca artikel itu juga ya. Pembelajaran secara menyeluruh dapat membuka wawasan kita terhadap bagaimana menyikapi dan membuat proses pengendalian manajemen lebih holistik.
 
 


"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Data Kuliah Online dan Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

SPM 4 - Pusat Pertanggungjawaban

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

https://datakuliah.blogspot.com/2009/08/spm-4-pusat-pertanggungjawaban.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: SPM 4 - Pusat Pertanggungjawaban. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

3 Komentar:

Anonymous said...

Kalau cara mengukur kinerja manajer pusat biaya gimana ya?Kalau bisatoong kirimi sya email di cygnus_suriani@yahoo.co.id
thx

kuunduh.com said...

artikel bagus nih, thank you yah...

linda said...

Sekalian sama kasusnya dunk ...

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO