23 August 2009

SPM 3-PERILAKU DALAM ORGANISASI

Setelah mempelajari bab ini, Anda akan dapat:
1.Mendefinisikan goal congruence / keselarasan tujuan
2.Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keselarasan tujuan
3.Mengetahui jenis-jenis organisasi
4.Menjelaskan fungsi controller




Materi Pembahasan:

1. Goal congruence / keselarasan tujuan
2. Faktor-faktor yang mempengaruhi tercapainya keselarasan tujuan
3. Jenis-jenis organisasi
4. Fungsi controller

PERILAKU DALAM ORGANISASI


I. TUJUAN
Meskipun kita sering mengacu pada apa yang disebut sebagai tujuan-tujuan perusahaan, suatu perusahaan TIDAK PUNYA TUJUAN; hakekatnya perusahaan adalah satuan artifisial yang tidak punya pikiran maupun kemampuan mengambil keputusan sendiri.
Tujuan perusahaan ditentukan oleh pejabat utama eksekutif (CEO) perusahaan yang bersangkutan, dengan mempertimbangkan nasihat yang diberikan oleh para manajer senior lainnya; dan biasanya kemudian diratifikasi oleh dewan direktur.

Profitabilitas
Kapasitas untuk menghasilkan laba ditunjukkan, dalam arti yang luas dan sangat konsepsional, dalam persamaan yang merupakan produk dari dua rasio :
[(Pendapatan – Pengeluaran) / Pendapatan] x (Pendapatan / Investasi) = ROI

Memaksimalkan Nilai Pemegang Saham
Kita meyakini bahwa dalam rangka mencapai tingkat laba yang memuaskan adalah cara yang lebh memadai dalam menetapkan tujuan perusahaan. Ada DUA alasan untuk itu :
1. Istilah “memaksimalkan” artinya adalah selalu ada cara untuk mendapatkan jumlah maksimum yang dapat dihasilkan oleh sebuah perusahaan.
2. Meskipun usaha mengoptimalkan nilai pemegang saham mungkin menjaditujuan utama, namun ini bukan berarti merupakan satu-satunya tujuan bagi banyak organisasi.

Risiko
- meraih laba kemauan manajemen untuk mengambil risiko.
- sangat bervariasi
- selalu ada batas maksimum

Pendekatan Multiple Stakeholder
- tiga jenis pasar terlibat dalam perusahaan
- pasar modal
- pasar produk
- pasar faktor

II. KESELARASAN TUJUAN (GOAL CONGRUENCE)
Tujuan utama sistem pengendalian manajemen adalah untuk memastikan (sejauh bisa ditetapkan) “keterpaduan tujuan” semaksimal mungkin.
Dalam melakukan evaluasi terhadap praktik-praktik pengendalian manajemen ada DUA pertanyaan penting yang harus dijawab :
1. Tindakan-tindakan apa yang akan dilakukan oleh individu-individu terkait dalam mengedepankan kepentingan-kepentingan mereka masing-masing?
2. Apakah tindakan-tindakan tersebut bermanfaat bagiorganisasi perusahaan ?

III. FAKTOR INFORMAL YANG BERPENGARUH PADA PENCAPAIAN
KESELARASAN TUJUAN

Faktor-faktor Eksternal
adalah norma-norma tentang perilaku yang diharapkan di dalam masyarakat, dimana organisasi perusahaan menjadi bagian daripadanya.
- etos kerja
- khas
Faktor-faktor Internal
- Budaya
- Gaya manajemen
- Organisasi informal
- Persepsi dan Komunikasi

IV. SISTEM PENGENDALIAN YANG BERSIFAT FORMAL

Aturan-aturan
Beberapa tipe aturan bisa dilihat di bawah ini :
- Pengendalian fisik
- Manual-manual
- Pengamanan Sistem
- Sistem Pengendalian Tugas



V. JENIS-JENIS ORGANISASI

Meskipun kualitas dan ukuran organisasi itu sangat bergam, setidaknya mereka bisa dikelompokkan ke dalam TIGA (3) kategori umum :
1. Struktur fungsional,
2. Struktur unit bisnis,
3. Struktur matriks.

Organisasi-organisasi Fungsional
Ada sejumlah kelemahan pada struktur fungsional :
1. dalam sebuah organisasi fungsional terdapat AMBIGUITAS dalam menentukan efektivitas manajer fungsional secara terpisah (seperti manajer produksi dan manager pemasaran) karena tiap-tiap fungsi tersebut sama-sama memberikan sumbangan pada hasil akhirnya.
2. jika organisasi teridiri dari beberapa manajer yang bekerja dalam satu fungsi yang pada gilirannya memberikan laporan ke sejumlah manajer pada level yang lebih tinggi pada fungsi tersebut, maka terjadilah perselisihan antara para manajer dari fungsi-fungsi berbeda yang hanya dapat dipecahkan pada tingkat atas, meskipun perselisihan itu berasal dari level organisasi yang lebih rendah.
3. struktur fungsional tidak memadai untuk diterapkan pada sebuah perusahaan dengan produk dan pasar yang beragam.


Unit-unit Bisnis
Bentuk organisasi perusahaan unit bisnis dirancang untutk memecahkan problem-problem yang terdapat pada struktur organisasi fungsional.
Sebuah unit bisnis yang juga disebut sebagai DIVISI, bertanggungjawab bagi seluruh fungsi yang ada dalam produksi dan pemasaran sebuah produk.
Keuntungan dari bentuk perusahaan unit bisnis :
• ia bisa berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi manajemen secara umum.
• karena unit bisnis ini sangat dekat dengan pasar bagi produk-produknya daripada kantor pusat, maka manajer unit bisnis biasa membuat keputusan-keputusan produksi dan pemasaran secara lebih masuk akal daripada yang diputuskan oleh kantor pusat dan unit bisnis inipun bisa memberikan reaksi terhadap ancaman-ancaman atau peluang baru secara cepat.

Kerugian dari unit bisnis ini :
• kemungkinan masing-masing unit bisnis menduplikasi sejumlah pekerjaan dalam sebuah organisasi fungsional, dikerjakan di kantor pusat.
• bahwa perselisihan yang terjadi diantara spesialis fungsional dalam organisasi perusahaan fungsional digantikan oleh perselisihan diantara unit-unit bisnis dalam organisasi perusahaan unit bisnis.
Implikasi terhadap Rancangan Sistem

VI. FUNGSI-FUNGSI PENGENDALI
Pengendali biasanya menjalankan fungsi-fungsi sebagai berikut :
1. Merancang dan mengoperasikan informasi serta sistem pengendalian.
2. Menyiapkan pernyataan keuangan dan laporan keuangan (termasukk pengembalian pajak) kepada para pemegang saham dan pihak-pihak eksternal lainnya.
3. Menyiapkan dan menganalisis laporan kinerja, menginterpretasikan laporan-laporan ini untuk para manajer, menganalisis program dan proposal-proposal anggaran dari berbagai segmen perusahaan serta mengkonsolidasikannya ke dalam anggaran tahunan secara keseluruhan.
4. Melakukan supervisi audit internal dan mencatat prosedur-prosedur pengendalian untuk menjamin validitas informasi, menetapkan pengamanan yang memadai terhadap pencurian dan kecurangan serta menjalankan audit operasional.
5. Mengembangkan personel dalam organisasi pengendali dan berpartisipasi dalam pendidikan personel manajemen dalam kaitannya dengan fungsi pengendali.

Relasi ke Jajaran Organisasi
Fungsi pengendalian adalah FUNGSI STAF.


Setelah saya mengulas tentang artikel ini, ada baiknya bagi yang belum membaca tentang sifat pengendalian manajemen , juga terus membaca tentang cara untuk memahami strategi , perilaku dalam organisasi , dan Pusat Pertanggungjawaban , juga Pusat Laba serta tentunya Metode Harga Transfer , ada baiknya mengunjungi link2 di atas ya, karena di dalam sana ada tips2 menarik mengenai SPM. Pembelajaran secara menyeluruh dapat membuka wawasan kita terhadap bagaimana menyikapi dan membuat proses pengendalian manajemen lebih holistik.
 
 


"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Data Kuliah Online dan Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

SPM 3-PERILAKU DALAM ORGANISASI

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/08/spm-3-perilaku-dalam-organisasi.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: SPM 3-PERILAKU DALAM ORGANISASI. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

2 Komentar:

cebong ipiet said...

hayo yg mase kuliah pada serius ya :D weleh inget jaman muda saya dulu pas lagi rajin rajinnya
XD xixixi (duh boong banget komenku, mana pernah serius)

bieicons.com said...

pengen kuliah desain.. :P

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO