02 August 2009

PROFFESIONAL ETHICS AND LEGAL LIABILITY

ETHICS (ETIKA)

Sebelum membahas etika audit, ada baiknya kita membahas tujuan audit di sini.

Apakah Etika itu ?
Etika secara garis besar dapat didefinisikan sebagai serangkaian prinsip atau nilai-nilai moral. Setiap orang memiliki rangkaian nilai tersebut, walaupun kita memperhatikannya secara eksplisit.

Kebutuhan akan Etika
Perilaku beretika wajib hukumnya supaya masyarakat dapat berjalan secara teratur. Kebutuhan etika dalam masyarakat sangat mendesak sehingga lazim memasukkan nilai-nilai etika ini ke dalam undang-undang atau peraturan yang berlaku.

Prinsip - Prinsip Etika Oleh Josephson Institute :
•Keterpercayaan (trustworthiness)
•Mencakup kejujuran, integritas, reliabilitas, dan loyalitas. Kejujuran menuntut itikad baik untuk mengemukakan hal yang sebenarnya. Integritas berarti bahwa seseorang bertindak sesuai dengan kata hatinya, dalam situasi seperti apapun. Reliabilitas berarti melakukan semua upaya yang pantas untuk memenuhi komitmennya. Loyalitas adalah pertanggungjawaban untuk mengembangkan dan melindungi berbagai kepentingan masyarakat dan organisasi tertentu.
•Penghargaan (respect)
•Mencakup gagasan – gagasan seperti kesopanan (civility), kesopansantunan (courtesy), harga diri, toleransi, dan penerimaan.
•Pertanggungjawaban (responsibility)
•Berarti bertanggung jawab atas tindakan seseorang serta melakukan pengendalian diri.
•Kesepadanan (fairness) dan keadilan
•Mencakup isu – isu tentang kesejajaran, sikap tidak memihak, proporsionalitas, keterbukaan, serta perlindungan hukum.
•Perhatian (caring)
•Berarti sungguh – sungguh memperhatikan kesejahteraan sesamanya termasuk di dalamnya adalah tindakan yang selalu memperhatikan kepentingan sesama serta menunjukkan perbuatan baik.
•Kewarganegaraan (citizenship)
•Termasuk di dalamnya adalah kepatuhan pada undang – undang serta melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara agar proses dalam masyarakat berjalan dengan baik.


Terdapat dua alasan utama mengapa seseorang bertindak tidak etis : standar etika seseorang berbeda dengan standar etika yang berlaku di masyarakat, atau ia memilih untuk bertindak secara egois.


Dilema Etika
Dilema Etika merupakan situasi yang dihadapi oleh seseorang dimana ia harus membuat keputusan tentang perilaku seperti apa yang tepat untuk dilakukannya. Berikut ini adalah metode – metode rasionalisasi yang sering digunakan, yang dengan mudah dapat menghasilkan tindakan tidak etis :
oSetiap Orang Melakukannya
Berdasarkan pada rasionalisasi bahwa setiap individu lainnya pun melakukan hal tersebut dan hal tersebut merupakan perilaku yang wajar.
oJika Merupakan Hal yang Sah Menurut Hukum, Hal itu Etis.
oKemungkinan Penemuan dan Konsekuensinya
Filosofi ini bersandar pada evaluasi atas kemungkinan bahwa individu lainnya akan menemukan perilaku tersebut. Biasanya, pribadi itu akan menilai pula kerasnya tingkat penalty (konsekuensi) yang akan diterimanya bila hal tersebut terbongkar.

Menyelesaikan Dilema Etika :
1.Memperoleh fakta – fakta yang relevan.
2.Mengidentifikasikan isu – isu etika berdasarkan fakta – fakta tersebut.
3.Menentukan siapa yang akan terkena pengaruh dari keluaran (outcome) dilema tersebut dan bagaimana cara masing – masing pribadi atau kelompok itu dipengaruhi.
4.Mengidentifikasikan berbagai alternative yang tersedia bagi pribadi yang harus menyelesaikan dilema tersebut.
5.Mengidentifikasikan konsekuensi yang mungkin terjadi pada setiap alternative.
6.Memutuskan tindakan yang tepat untuk dilakukan.

Menyelesaikan Dilema Etika dengan Menggunakan Pendekatan Enam – Langkah Fakta – Fakta yang Relevan :
-Siapa yang Dipengaruhi dan Bagaimana Cara Setiap Orang Terpengaruh?
-Konsekuensi dari Setiap Alternative
-Tindakan yang Tepat

Kebutuhan Khusus Akan Kode etik Profesi
Istilah professional menunjukkan tanggung jawab untuk bertindak melebihi kepuasan yang dicapai oleh si professional itu sendiri atas pelaksanaan tanggung jawab yang diembannya maupun yang melebihi ketentuan yang disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Alasan utama diperlukannya tingkat tindakan professional yang tinggi oleh setiap profesi adalah kebutuhan akan keyakinan public atas kualitas layanan yang diberikan oleh profesi, tanpa memandang masing-masing individu yang menyediakan layanan tersebut.

Perbedaan Kantor Akuntan Publik dan Profesional Lainnya
Kantor akuntan publik memiliki bentuk hubungan dengan para pengguna laporan keuangan yang berbeda dengan bentuk hubungan antara kaum professional lainnya dengan para pengguna jasa mereka. Kantor akuntan public bertugas dan dibayar oleh perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan, tetapi manfaat utama dari proses audit ini didapat oleh para pengguna laporan keuangan.


Kode Etik Profesi
Kode etik ini terdiri dari empat bagian : prinsip – prinsip, peraturan etika, interpretasi atas peraturan etika dan kaidah etika. Bagian – bagian ini disusun berdasarkan urutan makin spesifiknya standar tersebut.




"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran TOEFL Online melalui Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

PROFFESIONAL ETHICS AND LEGAL LIABILITY

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

https://datakuliah.blogspot.com/2009/08/proffesional-ethics-and-legal-liability.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: PROFFESIONAL ETHICS AND LEGAL LIABILITY. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

o komentar

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO