02 August 2009

Tujuan Audit Secara Menyeluruh

Skeptisme Profesional
Audit harus dirancang sedemikian rupa agar dapat memberikan tingkat keyakinan yang memadai untuk mendeteksi baik kekeliruan maupun kecurangan yang material yang terkandung dalam laporan keuangan. Skeptisme professional merupakan sikap yang penuh dengan pertanyaan di dalam benaknya serta sikap penilaian kritis atas setiap bukti audit yang diperoleh.

TUJUAN AUDIT
1. Kesalahan penyajian material versus nonmaterial
1. Kesalahan penyajian material versus nonmaterial
Kesalahan penyajian umumnya dianggap material bila gabungan berbagai kekeliruan yang belum terkoreksi dan kecurangan dalam laporan keuangan dapat mengubah atau mempengaruhi berbagai keputusan penguna laporan keuangan.

2. Tingkat Keyakinan yang Memadai
Keyakinan merupakan ukuran tingkat kepastian yang diperoleh auditor pada akhir proses audit. Konsep keyakinan yang memadai, bukan keyakinan mutlak, mengidikasikan bahwa auditor bukanlah seorang pemberi garansi atau penjamin atas kebenaran laporan keuangan. Terdapat sejumlah alasan mengapa auditor bertanggung jawab atas tingkat keyakinan yang memadai tetapi tidak mutlak:
a.Mayoritas bukti audit berasal dari pengujian sample atas populasi seperti piutang dagang atau persediaan.
b.Berbagai penyajian akuntansi terdiri dari sejumlah taksiran yang komplek, yang mengandung sejumlah ketidakpastian serta dapat mempengaruhi berbagai peristiwa yang akan datang.
c.Laporan keuangan yang disusun dengan penuh kecurangan sering kali sangat sulit, bila tidak mustahil, untuk dideteksi oleh seorang auditor, khususnya saat terdapat suatu kolusi dalam manajemen perusahaan.

3. Kekeliruan versus Kecurangan
Ada dua jenis kesalahan penyajian yang dapat bersifat material maupun tidak material:
a.Kekeliruan (error)
Yaitu kesalahan penyajian atas laporan keuangan yang tidak disengaja. Dua contoh kekeliruan adalah kesalahan perhitungan harga kali kuantitas pada faktur penjualan serta telah salah melihat bahan baku yang terlalu lama dalam menentukan nilai terendah antara harga perolehan atau harga pasar untuk menilai persediaan.
b.Kecurangan (fraud)
Yaitu kesalahan penyajian yang disengaja. Untuk kecurangan dapat dibedakan antara Pengelapan aktiva (misappropriation of asset) yang sering juga disebut sebagai defalkasi atau kecurangan karyawan. Contohnya adalah pengambilan uang kas oleh seorang pramuniaga pada saat terjadi suatu transaksi penjualan serta tidak memasukannya kekas register. Dan Kecurangan pelaporan keuangan (fraudulent financial reporting) yang sering disebut juga sebagai kecurangan manajemen. Contohnya manajer dengan sengaja mencatat nilai penjualan yang lebih tinggi dari pada seharusnya pada periode yang mendekati tanggal neraca untuk meningkatkan nilai pendapatan yang dilaporkan.


TUJUAN AUDIT
Tanggung Jawab Manajemen
Tanggung jawab manajement adalah untuk mengadopsi kebijakan akuntansi yang sehat, serta membeat berbagai penyajian laporan keuangan secara wajar. Selain itu manajer juga bertanggung jawab pada kewajaran penyajian (asersi) laporan keuangan yang berkaitan dengan hak istimewa mereka dalam menentukan berbagai pengungkapan apa yang mereka anggap penting untuk disajikan.

Tanggung jawab Auditor
uditor memiliki tanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan audit untuk memperoleh tingkat keyakinan yang memedai tentang apakah laporan keuangan itu telah terbatas dari kesalahan penyajian yang material, baik disebabkan oleh kekeliruan maupun oleh kecurangan. Karena siat bukti audit dan karakteristik kecurangan, auditor dapat memperoleh tingkat keyakinan, walaupun tidak mutlak, bahwakesalahan penyajian yang material dapat dideteksi. Auditor tidak bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan audit guna memperoleh keyakinan yang memedai bahwa kesalahan penyajian, baik yang disebabkan oleh kekeliruan maupun oleh kecurangan, yang tidak material terhadap laporan keuangan dapat dideteksi.

TUJUAN AUDIT
Tujuan pelaksanaan audit atas laporan keuangan
Tujuan pelaksanaan audit atas laporan keuangan
Tujuan audit umum atas laporan keuangan oleh auditor independen adalah untuk menyatakan pendapat atas kewajaran, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, serta arus kas sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum.
Langkah-langkah untuk Menyusun Berbagai Tujuan Audit
Memahami berbagai tujuan dan tanggung jawab audit
Memecahkan laporan keuangan dari berbagai
Mengetahui asersi manajemen tentang akun-akun
Mengetahui berbagai tujuan audit umum atas berbagai akun dan kelas transaksi
Mengetahui berbagai tujuan audit spesifik atas berbagai akun dan kelas transaksi




"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran TOEFL Online melalui Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Tujuan Audit Secara Menyeluruh

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/08/tujuan-audit-secara-menyeluruh.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Tujuan Audit Secara Menyeluruh. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

o komentar

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO