15 December 2009

Pengertian Destilasi | Definisi - Proses

Destilasi in Bahasa Indonesia:
Penyulingan adalah teknik pemisahan berdasarkan perbedaan titik didih larutan. Penyulingan terfraksi dugunakan untuk solusi memiliki perbedaan titik didih tidak terlalu jauh dari sekitar 30oC atau lebih. Dasar pemisahan suatu campuran dengan penyulingan adalah perbedaan titik didih dari dua atau lebih cairan jika campuran dipanaskan, komponen titik didih lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Dengan mengatur suhu dengan hati-hati, kita dapat menguapkan dan kemudian mengembun komponen secara bertahap.
Penyulingan Terfraksi berbeda dari distilasi biasa, karena ada kolom fraksinasi di mana ada proses refluks. Refluk proses penyulingan dilakukan untuk pemisahan campuran etanol-air dapat terjadi dengan baik. Fungsi kolom fraksinasi sehingga kontak antara cairan dengan uap sedikit lebih lama. Sehingga komponen yang lebih ringan dengan titik didih yang lebih rendah bendungan akan terus menguap ke kondensor. Lebih komponen Sedangkankan distilat bersat akan kembali menjadi labu.
Tujuan dari percobaan penyulingan ini adalah untuk menentukan konsentrasi maksimum yang dapat diperoleh destilat, menentukan HETP (tinggi setara dengan piring teoretis) di total refluks, dan menentukan jumlah minimum tahap (Nmin) pada total reflux. HETP adalah panjang lapangan (kolom panjang) dibagi dengan jumlah potongan teoretis, bertekad untuk mengetahui efisiensi kolom penyulingan. Prinsip ini didasarkan pada Undang-Undang Roult tekanan uap pada solusi ideal pada temperatur tertentu sebanding dengan tekanan uap dikalikan dengan fraksi murni murni. Dan Dalton's Law adalah tekanan ideal dalam campuran gas sama dengan tekanan parsial setiap komponen.

Sistem penyulingan dilakukan dalam percobaan ini adalah sistem batch, di mana umpan yang akan menempatkan semua yang dipisahkan dalam proses awal. Mekanisme campuran etanol-air distilat untuk dipisahkan dimasukkan ke dalam labu. Kemudian dipanaskan secara bertahap sampai suhu konstan diukur pada termometer. Sehingga fluida menurut titik didih etanol akan terjadi kontak antara fluida dengan uap karena tekanan dalam kolom fraksinasi. Sementara cairan yang lebih tinggi ttitik mendidih kembali menjadi labu. Uap keluar dari kolom selalu dalam kesetimbangan dengan cairan di dalam termos. Tetapi karena uap lebih kaya komponen lebih tidak stabil, maka komposisi uap atau cairan tidak akan konstan. Suhu pemanasan harus diatur agar tidak terjadi banjir (banjir) bila telah cair mendidih.
Destilat menampung sebanyak 100 mL dimulai setelah suhu konstan dan diakomodasi sebanyak lima faksi .. Hal ini untuk menentukan bagaimana perubahan dalam komposisi destilat.
Dari tugas NEFRIAL diambil N.I

Destilasi in English Version:
Distillation is a separation technique based on the solution boiling point differences. Distillation terfraksi dugunakan for a solution has a boiling point difference is not too far of about 30oC or more. Basic separation of a mixture by distillation is the boiling point difference of two or more liquid if the mixture is heated, the components lower boiling point will evaporate first. By regulating the temperature carefully, we can vaporize and then condense components gradually.
Terfraksi distillation is different from ordinary distillation, because there is a fractionation column where there is a reflux process. Refluk the distillation process was carried out to the separation of ethanol-water mixture can occur with either. Fractionation column function so that contact between the liquid with the vapor was slightly longer. So that the lighter components with a boiling point lower dam will continue to evaporate into a condenser. More Sedangkankan components will bersat distillate back into a pumpkin.
The purpose of this distillation experiment was to determine the maximum concentration that can be obtained destilat, determine the HETP (height equivalent to a theoretical plate) on total reflux, and determine the minimum number of stages (Nmin) on total reflux. HETP is the length of the field (column length) divided by the number of theoretical pieces, determined to know the efficiency of distillation columns. The principle is based on the Law of Roult vapor pressure at the ideal solution at a given temperature is proportional to the vapor pressure multiplied by the fraction of pure pure. And Dalton's Law is the ideal pressure in a gas mixture similar to the partial pressure of each component.

Distillation system is done in this experiment is a batch system, where the bait that will put all that separated early in the process. The mechanism of ethanol-water mixture to be separated distillate is put into a pumpkin. Then heated gradually until the temperature measured at constant thermometer. So that the fluid according to the boiling point of ethanol will occur between the fluid contact with steam because the pressure in the fractionation column. While boiling liquids higher ttitik back into a pumpkin. Steam comes out of the column is always in equilibrium with the liquid in the flask. But because the steam is more rich in components more volatile, then the composition of the vapor or liquid will not be constant. Heating temperature must be regulated so that flooding does not occur (floods) when the liquid has been boiling.
Destilat accommodated as many as 100 mL begins after the temperature constant and accommodated as many as five factions .. This is to determine how changes in the composition destilat.
From task NEFRIAL taken N.I

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Pengertian Destilasi | Definisi - Proses

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

https://datakuliah.blogspot.com/2009/12/pengertian-destilasi-definisi-proses.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Pengertian Destilasi | Definisi - Proses. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

1 Komentar:

Anonymous said...

PERBEDAAN DESTILASI DAN FRAKSINASI AP??

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO