10 December 2009

Kebijakan Retur (Pengembalian Barang) - SIA - Revenue Cycle - Arus Pendapatan

Kebijakan Retur (Pengembalian Barang)

Departemen kredit mengesahkan proses pengembalian barang dagang. Penentuan ini didasarkan atas sifat transaksi penjualan dan situasi transaksi pengembalian barang. Konsep persetujuan yang bersifat khusus dan yang bersifat umum juga berpengaruh pada aktivitas ini.
 

Daftar Pembayaran Tunai

Daftar pembayaran tunai menyediakan sarana untuk melakukan verifikasi apakah cek dari pelanggan dan bukti pembayaran sudah benar. Bukti pembayaran merupakan alat persetujuan untuk dilakukan proses posting bukti pembayaran kerekening pelanggan.
 

Pemisahan Tugas

Pemisahan tugas memastikan bahwa tidak ada satu orang atau departement pun yang melakukan semua proses keseluruhan. Bamyaknya karyawan dan banyaknya transaksi yang diproses mempengaruhi bagaimana pemisahan dilaksanakan. Ada 3 aturan main dalam merencanakan tugas tersebut:
Kebijakan 1. bagian yang melakukan pengesahan transaksi harus terpisah dengan bagian yang memproses transaksi. Dalam siklus pendapatan, department kredit terpisah dari seluruh proses, jadi secara formal transaksi pemberian persetujuan merupakan aktivitas yang independen.
Kebijakan 2. pengawasan aktiva harus terpisah dari tugas pembukuan aktiva. Pada kedua fungsi akuntansi ini yaitu untuk memelihara pencatatan data akuntansi dan untuk bertanggung jawab atas pengawasan., kedua fungsi tersebut seharusnya tidak tercampur.
Kebijakan 3. organisasi seharusnya terstuktur sehingga tindak penipuan memerlukan kolusi lebih dari dua atau lebih individu. Fungsi pembukuan harus lebih hati-hati dalam pemisahannya. Khususnya buku besar pembantu dan buku besar umum yang harus dipisahkan.
 
Supervisi
Beberapa perusahaan mempunyai karyawan yang terlalu sedikit untuk dapat dilakukan pemisahan fungsi. Perusahaan-perusahaan seperti ini bergantung pada supervisi sebagai kompensasi dari bentuk pengawasan. Dalam melakukan supervisi kepada karyawan yang mempunyai potensi untuk melakukan sesuatu yang tidak selaras, perusahaan dapat melakukan antisipasi dalam sistemnya. Supervisi juga dapat menyediakan kontrol pada sistem yang terpisah.
 
Catatan Akuntansi
Bagaimana dokumen sumber perusahaan, jurnal dan buku besar harus mempunyai bentuk yang memungkinkan auditor independen untuk melakukan penelusuran transaksi melalui berbagai macam tingkatan proses. Beberapa teknik kontrol khusus mempengaruhi jejak audit.
 
Penomoran Dokumen Sumber (nomor tercetak pada dokumen)
Penomoran pada dokumen sumber secara berurutan diberi nomor dengan memakai printer dan menyediakan nomor yang unik untuk setiap transaksi. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pemisahan dan penelusuran atas satu kejadian melalui sistem akuntansi.
 
Jurnal Khusus
Dengan mengelompokan transaksi yang sama pada jurnal khusus, sistem menyediakan laporan singkat atas seluruh kelompok. Untuk keperluan ini, sistem siklus pendapatan menggunakan jurnal penjualan dan jurnal penjualan tunai.
 
Buku Besar Pembantu.
Dua buku besar pembantu digunakan untuk menangkap transaksi rincian kejadian dalam siklus pendapatan yaitu buku besar pembantu persediaan dan piutang. Pencatatan pada catatan pembantu menyediakan hubungan timbal-balik antara catatan jurnal dan sumber dokumen yang ditangkap pada kejadian tersebut.
 
Buku Besar Umum
Rekening control buku besar umum merupakan dasar untuk mempersiapkan laporan keuangan. Transaksi siklus pendapatan mempengaruhi rekening buku besar pembantu seperti penjualan, persediaan, harga pokok penjualan, piutang, dan kas.
 
Pengarsipan
Siklus penjualan memakai arsip sementara dan permanen untuk menunjang jejak audit. Arsip-arsip ini merupakan tempat penyimpanan berbagai macam dokumen. Berikut ini merupakan contoh beberapa arsip dari siklus pendapatan:
  • Arsip pesanan penjualan yang belum dipenuhi adalah arsip dari pesanan pelanggan yang belum selesai dikerjakan.
  • Arsip data referensi harga adalah daftar harga setiap barang dagang.
  • Arsip data penjualan historis adalah arsip dari transaksi penjualan yang sudah selesai.
  • Arsip laporan pengiriman (buku harian pengiriman) mengelompokkan barang-barang yang dikirim untuk periode tertentu.
  • Arsip kredit memo berisi salinan dari kredit memo yang telah diproses ke rekening pelanggan.
 
Pengendalian Akses
Pengendalian akses mencegah dan mendeteksi akses yang tidak disetujui dan terlarang ke aktiva perusahaan. Aktiva pada siklus pendapatan adalah persediaan dan kas. Pembatasan akses ke aktiva tersebut meliputi:
  • Keamanan pergudangan, seperti pagar, alarm dan penjaga.
  • Menyetorkan kas secara harian ke bank
  • Menggunakan kotak deposit yang aman untuk kas
  • Mengunci laci kas dan amankan pada departemen penerimaan tunai.
 
Akses kontrol atas informasi berhubungan dengan pembatasan akses ke dokumen yang mengontrol aktiva seperti dokumen sumber, dokumen jurnal dan buku besar. Seseorang yang tidak membatasi aksesnya dapat memanipulasi aktiva perusahaan. Seperti contoh: seseorang dengan akses ke buku besar piutang dapat menghilangkan rekening seseorang dari pembukuan. Dengan tidak adanya catatan rekening, perusahaan tidak mengirim tagihan bulanan ke pelanggan.
 
Verifikasi Independen
Tujuan dari verifikasi yang dilakukan secara independen adalah untuk meningkatkan dan memverifikasikan kebenaran dan kelengkapan dari prosedur yang dilaksanakan oleh sistem lainnya. Control verifikasi yang independen dibawah ini adalah tahapan siklus pendapatan:
  1. Departemen pengiriman memverifikasi bahwa barang yang dikirim ke pelanggan dari gudang sudah benar dalam jenis dan kuantitasnya. Sebelum barang tersebut dikirimkan ke pelanggan, dokumen pengeluaran barang dan dokumen pengiriman dicocokan.
  2. Departemen penagihan mencocokan surat jalan dengan tagihan penjualan untuk memastikan bahwa pelanggan ditagih untuk barang yang sudah dikirim.
  3. Departemen buku besar umum juga memegang peranan penting dalan pengaturan verifikasi. Petugas buku besar umum mencocokan dokumen jurnal yang dibuat oleh berbagai macam departemen.

-------------------------------------------------------------------------------
Salam Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC

"Data kuliah[dot]tk" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Kuliah Gratis dan Belajar TOEFL iBT
. Thanks.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Kebijakan Retur (Pengembalian Barang) - SIA - Revenue Cycle - Arus Pendapatan

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

https://datakuliah.blogspot.com/2009/12/kebijakan-retur-pengembalian-barang-sia.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Kebijakan Retur (Pengembalian Barang) - SIA - Revenue Cycle - Arus Pendapatan. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

1 Komentar:

Maman said...

makasih materi akuntansinya.

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO