Lingkungan Mikro Pemasaran Perusahaan
LINGKUNGAN PEMASARAN DAN ETIKA PEMASARAN
Lingkungan Mikro Pemasaran
Lingkungan mikro terdiri dari pelaku dan kekuatan yang dekat dengan perusahaan dan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan Dalam melayani pelanggan, internal perusahaan itu sendiri, perusahaan saluran pemasaran, pasar pelanggan, dan masyarakat luas. Tugas manajemen pemasaran adalah menciptakan tawaran/offering yang menarik bagi target pasarnya. Derajat keberhasilan perusahaan dipengaruhi oleh berbagai pelaku dalam lingkungan mikro.Pelaku lingkungan mikro perusahaan antara lain:
• Perusahaan
• Pemasaran harus mempertimbangkan bagian lain dalam perusahaan termasuk keuangan, litbang, pemeblian, operasi/produksi, dan akuntansi sebagaimana seperti pelanggan.
• Keputusan pemasaran harus mempertimbangkan sasaran danstrategi yang lebih luas
• Suppliers
• Pemasok adalah perusahaan dan atau individu yang menyediakan sumberdaya yang dibutuhkan perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.
• Kecenderungan dan perkembangan yang mempengaruhi pemasok dapat mempengaruhi rencana pemasaran perusahaan secara signifikan
• Pemasar harus mewaspadai ketersediaan (yang dipengaruhi keterbatasan dan pemogokan) dan harga pasokan
• Manajemen relationship partnership yang efektif dengan pemasok menjadi sangat penting
• Marketing intermediaries
• Perantara pemasaran adalah perusahaan/pihak yang membantu perusahaan dalam mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produk kepada pembeli akhir.
• Perantara meliputi: reseller, perusahaan distribusi fisik, agen jasa pemasaran, dan perantara keuangan
• Manajemen relationship partnership yang efektif dengan perantara pemasaran menjadi sangat penting
• Customers
• Pelanggan dari sebuah perusahaan dapat berupa pelanggan individu (pengguna akhir suatu produk) maupun pelanggan lembaga/institusi/organisasi yang bukan pengguna akhir.
• Ada 5 jenis pasar pelanggan dari perusahaan:
• Consumer , adalah pasar pelanggan yang membeli produk untuk kepentingan pribadi atau rumah tangga
• Business , adalah individu atau organisasi/institusi yang membeli produk untuk diolah lagi menjadi produk lain yang diperdagangkan
• Reseller , adalah individu atau organisasi yang membeli produk untuk langsung dijual kembali
• Government , adalah instansi atau lembaga pemerintah yang membeli produk untuk kepentingan public atau kegiatan instansinya tersebut
• International , adalah pasar pelanggan yang ada di manca negara
• Competitors
• Saat ini batasan pesaing menjadi lebih luas, tidak hnaya perusahaan lain yang menghasilkan produk sejenis, bahkan produk lain yang sangat berbeda tetapi memperebutkan suatu anggaran yang terbatas.
• Penting bagi pemasar untuk senantiasa melakukan analisis pesaing bagi keberhasilan perusahaan
• Pemasar harus selalu memonitor tawaran pesaing dalam rangka menciptakan keunggulan stratejik
• Publics
• Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan perusahaan
• Publik adalah suatu kelompok yang memiliki minat actual dan potensial dan berdampak bagi sebuah organisasi
• Tujuh masyarakat publik meliputi:
- Financial, masyarakat public yang terkait dengan keuangan
- Media, masyarakat public yang terkait dengan media terutama media massa
- Government, pemerintah
- Citizen-action, gerakan/aksi warganegara yang berbentuk lembaga swadaya masyarakat/NGO yang memiliki kepentingan pada bidang bidang tertentu
- Local, masyarakat yang ada di sekitar lokasi perusahaan
- General , masyarakat yang tidak terbatas pada orang tetapi kepentingan umum
- Internal, masyarakat yang ada dan terlibat dalam organisasi
Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:
Lingkungan Mikro Pemasaran Perusahaan
Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:
http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/lingkungan-mikro-pemasaran-perusahaan.html
untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.
Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Lingkungan Mikro Pemasaran Perusahaan. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah
Lingkungan Mikro Pemasaran Perusahaan
Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:
http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/lingkungan-mikro-pemasaran-perusahaan.html
untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.
Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Lingkungan Mikro Pemasaran Perusahaan. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah
8 Komentar:
info yang luar biasa, menarik sekali dan bermanfaat nih
di tunggu info selanjutnya gan
terimakasih
bagus sekali info nya gan
sangat menarik dan manfaat
ditunggu info nya gan
artkelnya sangat menarik
dan bermanfaat sekali
terima kasih banyak
ijin nyimak infonya gan
menarik dan bermanfaat sekali
terima kasih banyak gan
nice post
menarik sekali
update terus info lainnya
thanks
thanks artikelnya gan menarik sekali dan bermanfaat
share terus info lainnya yang lebih menarik dan bermanfaat
semoga sukses terus dan selalu dalam lindungan alloh .. amiin
menarik artikelnya bagus
senang berkunjng ke blog anda
menambah insfirasi,terimakasih
hmm suka sekali info nya
Post a Comment
Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..
Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha
Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).
Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!
Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah