30 November 2009

Lingkungan Makro Pemasaran dan Isu Etika Sebagai Bahan Kajian

Lingkungan Makro Pemasaran
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan masyarakat luas yang mempengaruhi lingkungan mikro secara keseluruhan, kekuatan demografi, ekonomi, lingkungan alam, teknologi, politik, dan budaya.
 
•  Demographic/Kependudukan
•  Studi tentang populasi penduduk yang terkait dengan jumlah, kepadatan, lokasi, usia, gender, ras, jabatan, pendidikan, dan ukuran ukuran statistic kependudukan lainnya.

•  Munculnya generasi utama/kunci, yakni:
•  Baby boomer ,
•  Lahir antara tahun 1946 hingga 1964
•  Di AS meliputi 28% dari total pendudk,; menghasilkan 50% dari pendapatan personal
•  Banyak mini-segments ada dalam kelompok boomer ini
•  Memasuki tahun-tahun berpendapatan puncak saat mereka dewasa
•  Generasi X,
•  Lahir antara tahun 1965 hingga 1976
•  Merupakan anak anak pertama dalam keluarga
•  Mempertahankan dan peduli terhadap penampilan secara ekonomi
•  Respon terhadap perusahaan-perusahaan yang bertanggungjawab secara sosial
•  Akan menjadi pembeli utama sebagian besar produk sebelum tahun 2010
•  Generasi Y ,
•  Lahir antara tahun 1977 hingga 1994
•  Di AS 72 juta orang; kelompok besar dari orang tua mereka yang generasi baby boomer
•  Produk baru, layanan, dan media disediakan untuk mereka
•  Target pasar yang penuh tantangan bagi pemasar
 
•  Economic
•  Berbagai variable ekonomi yang perlu dianalisis adalah:
•  Purchasing Power , daya beli konsumen yang dipengaruhi oleh laju inflasi
•  Income Distribution , distribusi pendapatan yang akan sangat mempengaruhi pemilihan target pasar dan strategi harga bagi pemasar
•  Savings Rate , tingkat tabungan yang akan mempengaruhi konsumerisme konsumen dan disposable income, pendapatan siap dibelanjakan
•  Debt , akses dan besar utang mempengaruhi jalannya aktivitas pemasaran
•  Credit Availability , ketersediaan kredit akan mempengaruhi daya beli dan strategi pemasaran, terutama kemudahan dan variasi system pembayaran
•  Industrial economies , perekonomian industri, merupakan perekonomian Negara maju
•  Industrializing economies , perekonomian industrialisasi, merupakan perekonomian yang sedang menuju ke industri
•  Raw-material exporting economies , perekonomian ekspor bahan mentah, perekonomian Negara berkembang
•  Subsistence economies , perekonomian Negara tidak berkembang, hanya sekedar bertahan
 
•  Socio-Cultural
•  Socio-Cultural
Dibangun dari institusi dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai dasar social, persepsi, preferensi dan perilaku.
•  Pandangan dalam socio-cultural:
•  Views of themselves
•  Views of others
•  Views of organizations
•  Views of society
•  Views of nature
•  Views of the universe

•  Natural, Lingkungan Alam
•  Merupakan sumberdaya yang dibutuhkan sebagai input oleh pemasar atau yang dipengaruhi oleh aktivitas pemasaran
•  Trends
•  Kelangkaan bahan baku mentah
•  Meningkatnya polusi, dan sebaliknya meningktanya gerakan anti polusi
•  Meningkatnya intervensi dan proteksi pemerintah
•  Meningkatnya biaya/harga energi
 
•  Technological
•  Merupakan kekuatan yang paling dramatis membentuk masa depan manusia
•  Kekuatan yang perubahan sangat cepat yang dapat menciptakan banyak peluang pemasaran baru tetapi sebaliknya juga banyak produk produk yang ada menurun
•  Kekuatan teknologi berpacu dengan perubahan
•  Peluang untuk inovasi
•  Variatif dalam anggaran litbang
•  Meningkatnya regulasi tentang perubahan
 
•  Political-Legal
Meliputi hokum, agen/instansi pemerintah, kelompok penekan, yang mempengaruhi atau membatasi berbagai organisasi dan individu dalam suatu masyarakat tertentu.
    • Legislasi yang mempengaruhi bisnis di seluruh dunia terus meningkat
    • Hokum yang melindungi perusahaan, konsumen, dan masyarakat peminat
    • Meningkatnya tekanan akan tindakan tanggungjawab secara sosial
 
Etika Pemasaran
•  Ada 3 jenis perusahaan:
•  Perusahaan yang membuat sesuatu terjadi
•  Perusahaan yang melihat, memandang sesuatu yang sedang terjadi
•  Perusahaan yang cemas terhadap apa yang terjadi
•  Pemasaran menciptakan keterkaitan antara merk dan organisasi berderma/beramal
•  Menunjukkan tanggungjawab sosial
•  Membantu membangun citra merk positif
•  Contoh: pemberian beasiswa, peduli pendidikan, anti madat (rokok, narkotika), daur ulang, pelestarian lingkungan
  Pertanyaan dan Latihan  
1. Jelaskan komponen system informasi pemasaran modern ?
2. Seberapa penting lingkungan bagi seorang pemasar? Apa dampak perubahan lingkungan terhadap kinerja pemasaran ?
3. Apakah perubahan peta politik pasca Pemilu di Indonesia mempengaruhi pemasaran ?
4. Faktor teknologi sangat mempengaruhi pemasaran produk ponsel, jelaskan sebab dan akibat perubahan teknologi terkini terhadap pemasaran ponsel di Indonesia ?
5. Analisislah lingkungan mikro dan makro apa yang mempengaruhi pemasaran minuman isotonic ?

"Data kuliah[dot]tk" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Bahan Ekonomi|Akuntansi dan Belajar TOEFL iBT
. Thanks.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Lingkungan Makro Pemasaran dan Isu Etika Sebagai Bahan Kajian

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/lingkungan-makro-pemasaran-dan-isu.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Lingkungan Makro Pemasaran dan Isu Etika Sebagai Bahan Kajian. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

2 Komentar:

albri said...

aduh ini materi benaran rupanya, sory sob langsung komen, gak baca tuntas. Puyeng nih...!

Seti@wan Dirgant@Ra said...

kayaknya materi ini saya pernah dapat waktu kuliah manajemen pemasaran,
makasih sobat sudah mengingatkan saya kembali.

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO