13 October 2009

Implementasi Strategik dan Cost Leadership

 Sebelum membahas tentang implementasi strategik dan cost leadership, ada baiknya kita membahas tentang manfaat manajemen biaya terlebih dahulu untuk mengetahuinya lebih dalam.


2. ANALISA VALUE CHAIN - Cost Leadership

    Merupakan alat analisa statistik yang digunakan untuk memahami secara lebih baik terhadap keunggulan kompetitif, untuk mengidentifikasi dimana value pelanggan dapat tingkatkan / penurunan biaya dan untuk memahami secara lebih baik hubungan perusahaan dengan pemasok. Pelanggan dan perusahaan lain dalam industri.
-  Analisa value chain berfokus pada total chain dan satu produk, mulai dari design produk sampai dengan pemanufakturan produk bahkan jasa setelah penjualan.
-  Konsep-konsep yang mendasari analisys tersebut adalah bahwa perusahaan menempati bagian tertentu / beberapa bagian dan keseluruhan value chain.
-  Aktivitas nilai (value) aktivitas yang hanus dilakukan dalam proses perolehan bahan dan mengubahnya menjadi produk akhir, termasuk pelayanan kepada pelanggan.
    Pengembangan value chain, berbeda-beda tergantung path jenis industri, contohnya dalam perusahaan Industri fokusnya terletak lebih pada operasi; advertensi serta promosi dibandingkan pada bahan mentah ; proses pembuatan.

Analisa value chain mempunyai 3 tahapan:
Tahap I : Mengidentifikasi aktivitas value chain
Tahap H : Mengidentifikasi cost driver pada setiap aktivitas nilai
Tahap HI : Mengembangkan keunggulan kompetitif dengan mengurangi biaya I menambah nilai. Pada tahap mi perusahaan barus melakukan hal-hal berikut :
-          mengidentiflkasi keunggulan kompetitif (cost leadership)
-          mengid√©ntifikasi peluang akan nilai tambah
-          mengidentifikasi peluang untuk mengurangi biaya.
 

Value chain untuk industri pembuat computer
Langkah dim value chain
aktivitas
output yg diharapkan dan aktivitas
Langkah 1: desain
Riset dan pengembangan
desain produk yang lengkap
Langkah 2 : memperoleh Bahan mentah
penambangan, pengembangan dan penyulingan
silicon, plastic. berbagai logam
Langkah 3: merakit bahan Menjadi komponen
Mengubah bahan mentah menjadi komponen dan pemakaian suku cadang dlm proses produksi komputer
komponen dan suku cadang yg Diharapkan
Tahap 1
konversi, merakit, menyelesaikan
chip, prosesor, komponen dasar lainnya.
Tahap 2
menguji dan menentukan kualitas
board, komponen path tingkat yg lebih tinggi
Langkah 4: pembuatan komputer
perakitan akhir, pengepakan dan pengangkutan produk akhir
komputer yg lengkap
Langkah 5 : penggudangan
 dan distribusi
memindahkan produk ke lokasi pengecer dan ke gudang sesuai yg dibutuhkan
pengangkutan dengan kereta, truk ala angkutan udara
Langkah 6 : penjualan eceran
penjualan eceran
penerimaan kas
Langkah 7: pelayanan kepada 
perbaikan
komputer yg sudah diperbaiki
 
3. Analisa SWOT
Merupakan prosedur sistematis untuk mengidentifikasikan faktor-faktor keberhasilan kritis (critical success factors) yang dimiliki dalam perusahaan meliputi kekuatan dan kelemahan internalnya, dan peluang serta ancaman yang bersifat eksternal.
 
Kekuatan dan kelemahan paling mudah diidentifikasi dengan cara melihat sumber daya spesifik yang ada di perusahaan:
-                      Lini produk:     Apakah produk perusahaan merupakan produk yang inovatif? Apakah produk yang ditawarkan terlalu umum atau terlalu khusus? Apakah ada kecanggihan dan kekhususan teknologi yang penting?
-                      Manajemen :    Bagaimana tingkat kompetensi dan pengalaman manajemen. Rise! Dan pengembangan : Apakah perusahaan berada didepan atau dibelakang para pesaing? Apa saja yang perlu diperhatikan untuk produk dan jasa baru?
-                      Pemanufakturan: seberapa kompetitif, seberapa fleksibel, seberapa produktif dan seberapa canggih proses produksi?
-                      Pemasaran:    Seberapa efektif pendekatan pemasaran secara keseluruhan, yang meliputi promosi, penjualan dan advertensi.
-                      Strategi :          Seberapa jelas didefinisikan, komunikasikan, dan secara efektif diimplementasikan sebagai stategi perusahaan.
 
Peluang dan ancarnan diidentifikasikan dengan cara melihat faktor-faktor yang ada di luar perusahaan. Peluang dan ancaman paling mudah diidentifikasikan dengan cara melakukan analisa terhadap industri pesaing-pesaing.
-     Hambatan untuk masuk (Barriers  to entry)
Menganalisa faktor-faktor tertentu, seperti persyaratan modal, skala ekonomi, deferensiasi produk dengan akses ke dalam saluran distribusi tertentu, perlindungan perusahaan dan pendatang baru.
 
-     Intensitas persaingan
Persaingan yang ketat dapat menjadi sebab dan tingginya hambatan untuk masuk (barriers to entry) asset khusus (dan oleh karena itu ada keterbatasan fleksibilitas bagi perusahaan di dalam industri). inovasi produk yang cepat, pertumbuhan pasar yang lambat atau adanya kelebihan kapasitas secara signifikan di dalam industri.
 
-     Tekanan dan produk industri
Akankah produk pengganti yang ada meningkatkan intensitas persaingan bagi perusahaan.
 
-     “ Barganning Power ” daripelanggan
Semakin besarnya “barganning power” dan perusahaan, semakin tinggi pula tingkat persaingan yang dihadapi perusahaan.
 
Analisa SWOT mengarahkan analisa stategik dengan cara memfokuskan perhatian pada kekuatan (strengths ), kelemahan (weakness ), peluang (opportunities ) dan ancaman (threats ) yang merupakan hal yang kritis bagi keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu analisis SWOT juga sebagai alat untuk mencapai pengertian yang lebih baik & mungkin juga sebagai consensus diantara para manajer berkaitan dengan faktor-faktor yang krusial bagi keberhasilan perusahaan.
Cth:   apa yang dipandang oleh beberapa manajer sebagai kekuatan mungkin dipandang Kelemahan oleh manajer lainnya.
 
Tujuan utama : mengidentifikasi stategi perusahaan secara keseluruban dan CSFs, sebagai awal untuk mengimbangkan konsensus diantara para eksekutif dan para manajer terkait.
 
Biaya. kualitas & waktu
Pertimbangan terhadap factor keberbasilan kritis (CSF) menghasilkan fokus baru pada 3 faktor kunci : biaya, kualitas dan kecepatan dalam hal pengembangan produk dan penginiman produk. Perusahaan hanus bersaing secara efektif pada masing-masing 3 faktor tersebut.
 
Ukuran factor keberhasilan kritis (CSF )
Mengembangkan ukuran yang relevan & dapat diandalkan untuk CSF yang telah diidentifikasikan dalam tahap pertama.
 
Tujuannya: menentukan ukuran yang spesifik sehingga memungkinkan prusahaan untuk memonitor perkembangannya dalain mencapai tujuan stratejik perusahaan.
4. Implementasi Manajemen Biaya
Balanced scorecard dapat digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja organisasi pada proses internal kunci (misalnya ukuran efisiensinya adalah jumlah sampah yang dibuang), ukuran kepuasan pelanggan (dimana pelanggan adalah masyarakat dan pemimpin politik), ukuran keuangan kunci (misalnya tingkat kepercayaan dan saldo dana), dan ukuran sumber daya manusia.
 
            Analisa value chain dapat digunakan untuk menentukan pada titik-titik dimana dalam rantai nilai yang dapat mengurangi biaya atau memberikan nilai tambah (value added). Dalam perolehan bahan baku atau proses advertensi dan promosi, langkah pertama dalam value chain untuk pemerintah atau organisasi yang tidak berorientasi pada laba adalah membuat pernyataan tentang misi sosial organisasi tersebut, termasuk kebutuhan masyarakat spesifik yang dapat dilayani. Tahap kedua adalah mengembangkan sumber daya untuk organisasi, baik personel maupun fasilitasnya.. Tahap ketiga dan keempat adalah melakukan operasi organisasi dan memberikan jasa kepada masyarakat.
 
5. Bagaimana Perusahaan Dapat Sukses?: Strategi Bersaing
Keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan cara melaksanakan strategi perusahaan yang telah ditetapkan. Strategi berisi tentang seperangkat kebijakan, prosedur, dan pendekatan-pendekatan pada perusahaan  yang menghasilkan kesuksesan jangka panjang. Menjalankan strategi dimulai dengan menentukan tujuan dan arah jangka panjang, sebagai misi perusahaan. Beberapa contoh misi perusahaan:
Ford Motor Company: Menyediakan mobilitas pribadi untuk orang-orang seluruh dunia.
Walt Disney: membuat orang bahagia.
Fokus Manajemen Biaya adalah pada lingkungan bisnis masa lalu dan masa kini / kontemporer.Untuk lingkungan bisnis masa lalu, manajemen biaya memfokuskan pada pelaporan keuangan dan analisis biaya, penekanan pada standarisasi dan biaya standar; akuntan sebagai tenaga ahli fungsional dan pencatat keuangan. Sedangkan untuk lingkungan bisnis kontemporer, manajemen biaya sebagai alat  untuk mengembangkan dan mengimplementasikan strategi bisnis sehingga akuntan sebagai partner bisnis.
 
Pengukuran Strategik daripada Suk ses
Sistem manajemen biaya strategik mengembangkan informasi strategik, yang meliputi informasi keuangan dan nonkeuangan. Pengukuran keuangan menunjukkan dampak kebijakan dan prosedur perusahaan terhadap posisi keuangan periode berjalan, sedangkan faktor nonkeuangan memperlihatkan  posisi bersaing kini dan masa yang akan datang.
 
Berikut ini ukuran-ukuran kesuksesan keuangan dan nonkeuangan:
Pengukuran keuangan:
  1. Pertumbuhan penjualan
  2. Pertumbuhan laba
  3. Pertumbuhan deviden
  4. Peringkat kredit dan obligasi
  5. Arus kas
  6. Peningkatan harga saham
 
Pengukuran nonkeuangan:
Pengukuran pelanggan:
  1. Pangsa pasar dan pertumbuhannya
  2. Pelayanan pelanggan
  3. Pengiriman tepat waktu
  4. Kepuasan pelanggan
  5. Pengakuan brand
  6. Posisi di pasar yang menguntungkan
 Proses bisnis internal:
  1. Kualitas produk yang tinggi
  2. Inovasi produksi
  3. Produktifitas yang tinggi di pabrik
  4. Waktu siklus
  5. Pengurangan barang sisa
Inovasi dan Pembelajaran (sumber daya manusia)
  1. Keahlian dan integritas para manajer
  2. Moral dan budaya perusahaan
  3. Pendidikan dan pelatihan
  4. Inovasi dan produk baru serta metode produksi.
 
6. Mengembangkan Strategi Bersaing: Posisi Bersaing
 Untuk memenangkan persaingan secara berkesinambungan, perusahaan akhirnya harus memilih diantara dua strategi bersaing ini, yaitu: cost leadership atau differentiation.
Cost Leaderhip
Cost leadership (kepemipinan biaya) adalah suatu strategi bersaing dimana perusahaan berhasil dalam memproduksi barang atau jasa  pada biaya yang paling rendah di dalam industrinya. Dengan biaya yang sangat murah maka perusahaan dapat menetapkan harga jual yang rendah, sehingga dalam persaingan akan dapat memenangkan secara berkesinambungan. Keunggulan biaya biasanya dihasilkan dari produktifitas proses produksi , distribusi, atau keseluruhan operasi perusahaan. Perusahaan yang menerapkan strategi biaya murah biasanya perusahaan yang berskala besar.
 
Differentiation (diferensiasi):
Differentiation atau keunikan adalah suatu strategi bersaing dimana suatu perusahaan berhasil / sukses dengan mengembangkan dan memelihara keunikan nilai untuk produk yang disediakan perusahaan. Keunikan sebagai setrategi bersaing dapat berupa kualitas, keamanan, fitur, pelayanan, gengsi, dsb. Dengan strategi ini, perusahaan tidak harus menjual produk dengan harga murah seperti dalam cost leadership, bahkan dengan harga tinggipun konsumennya tidak akan merasa keberatan, karena value yang diberikan produk tersebut sangat tinggi. Produk-produk seperti kosmetik, emas, berlian, mobil. Rolex, Mercedes-Benz, dan BMW adalah contoh perusahaan yang menekankan pada diferensiasi / keunikan.
 
            Aspek-aspek yang berbeda daripada dua strategi bersaing
Adalah satu strategi kompetitif dalam satu kesuksesan perusahaan dengan mengembangkan dan memelihara satu nilai yang unik untuk satu produk yang akan diterima oleh pelanggan.
 
Berbagai persoalan yang lain
Aspek
Cost Leadership
Diferensiasi
 
Target Strategi
 
 
Saling silang pasar (kurang fokus)
Fokus pada pasar  tertentu
Basis dari keuntungan bersaing
Biaya yang paling rendah dalam industri
 
Produk atau jasa  yang unik
Jalur Produksi
 
Seleksi yang dibatasi
Keanekaragaman yang luas,   perbedaan berbagai fitur
Penekanan  Produksi
 
Biaya yang mungkin bisa lebih rendah dengan kualitas yang tinggi dan berbagai fitur produk yang esensial.
 
Inovasi dalam berbagai produk yang unik
Lingkungan Profesional daripada Manajemen Biaya
Berbagai Organisasi Profesional
Komunitas professional dari akuntan manajemen dipengaruhi oleh dua tipe dari organisasi 1. organisasi yang menentukan petunjuk umum dan peraturan yang berkenaan degan praktek akuntansi manajemen, dan 2. organisasi yang mempromosikan keahlian dan profesionalisme akuntan manajemen.
 
Organisasi Sertifikasi Profesi
Aturan dari berbagai program sertifikasi yang profesional adalah menyediakan satu ukuran yang membatasi bentuk pelatihan dan pengalaman serta kapabilitas performa untuk akuntan manajemen. Sertifikasi adalah satu cara dari akuntan manajemen yang menunjukkan peningkatan nilai propesionalisme dan status. Tiga tipe dari sertifikasi yang relevan untuk para akuntan manajemen. Pertama adalah Certified Management Accountant (CMA). Kedua sertifikasi yang relevan adalah Certified Financial Manager (CFM) program dari IMA.. Sertifikat yang ketiga adalah Certified Public Accountant (CPA) sama seperti  CMA dan CFM, CPA dijadikan bentuk pengendalian dengan melewati satu ujian kualifikasi.
 
Etika profesional
Etika adalah aspek penting daripada profesi dan kerja akuntan manajemen. Etika profesi dapat diartikan sebagai komitmen akuntan manajemen untuk menyediakan jasa yang berguna bagi manajemen. Komitmen ini berarti akuntan manajemen memiliki kompetensi, integritas, kerahasiaan, dan objektfitas untuk melayani manajemen secara efektif.
 
Kode etik IMA
Kode etik IMA yang hubungannya dengan Etika adalah (1) Kompetensi, (2) kerahasiaan (3) Integritas (4) Objektifitas.






"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Data Kuliah Online dan Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Implementasi Strategik dan Cost Leadership

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/10/implementasi-strategik-dan-cost.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Implementasi Strategik dan Cost Leadership. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

5 Komentar:

antonfkip said...

maaf baru berkunjung sob....lagi sibuk....hehehehhehe....bener-bener sial saya kemarin sob.....

antonfkip said...

yoi sob...bener sekali yang sobat katakan bl dari blog dengan topik sejenis adalah yang lebih bagus di mata google

nurrahman said...

pernah liat di buku ttg BOS, blue ocean strategy :D

Cara Membuat Website said...

materinya terlalu berat untuk saya .. menarik tapi terlalu berat ..
mas, mohon masukkan dong .. kalau saya ingin jadi analis di perbankan, S2 jurusan apa yang tepat untuk saya ambil ya ? S1 saya dulu T. Informatika, sudah lelah dengan teknikal, ingin ke analis ..
nanya ini karena kyknya mas paham tentang pendidikan ..
trims ya mas ..

Cara Membuat Web

Setiawan Tirta Wijaya said...

Tx pertanyaan dr yg di atas. . Mnurut sy, risk analysis/ risk management. .

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO