02 August 2009

Cara Profesi dan Masyarakat Mendorong Tindakan Akuntan Publik Berkualitas Tinggi

Sebelum kita membahas prinsip-prinsip etika dalam audit, ada baiknya melihat tujuan audit, kewajiban etika.
Bagi yang belum mendownload materi slide presentasi dalam bentuk power point, tentang auditing 1 atau 2, silakan download slide auditing.


Prinsip – prinsip Etika
1.Tanggung Jawab
Dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai professional, para anggota harus berusaha menjadi professional yang peka serta memiliki pertimbangan moral atas seluruh aktivitas mereka.

2.Kepentingan Publik
Para anggota harus menerima kewajiban untuk bertindak sedemikian rupa agar dapat melayani kepentingan public, menghargai kepercayaan public, serta menunjukkan komitmennya pada profesionalisme.

3.Integritas
Mempertahankan dan memperluas keyakinan public, para anggota harus menunjukkan seluruh tanggung jawab professionalnya dengan tingkat integritas tertinggi.

4.Objektivitas dan Independensi
Anggota harus mempertahankan objektivitas dan terbebas dari konflik antar kepentingan – kepentingan dalam melaksanakan tanggung jawab profesionalnya.

5.Due Care
Seorang anggota harus selalu memperhatikan standar teknik dan etika profesi selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas jasa yang diberikannya, serta melaksanakan tanggung jawab professional sesuai dengan kemampuan terbaiknya.

6.Lingkup dan Sifat Jasa
Anggota yang berpraktek bagi public harus memperhatikan prinsip – prinsip pada Kode Etik Profesi dalam menentukan lingkup dan sifat jasa yang akan disediakannya.



Interpretasi Peraturan Etika
Divisi Etika Profesional AICPA menyiapkan setiap interpretasi berdasarkan pada consensus komite yang anggota utamanya terdiri dari para praktisi akuntan public. Rangkaian interpretasi ini secara formal tidak harus dipatuhi, tetapi penyimpangan dari rangkaian interpretasi ini akan menimbulkan kesulitan jika tidak mustahil bagi seorang praktisi untuk menyampaikannya dalam dengar pendapat disipliner. Rangkaian interpretasi terpenting akan dibahas sebagai bagian dari setiap bagian peraturan etika.

Kaidah Etika
Kaidah adalah rangkaian penjelasan oleh komite eksekutif pada divisi etika professional tentang situasi spesifik yang nyata (specific factual circumstances), dipublikasikan dalam versi lengkap dari Kode Etik Profesional.

INDEPENDENSI
Independensi dalam audit berarti mengambil sudut pandang yang tidak bias dalam melakukan ujian audit, mengevaluasi hasilnya, dan membuat laporan audit. Independensi ada dua yaitu : independensi dalam fakta dan independensi dalam penampilan. Independensi dalam fakta hadir saat auditor benar – benar mempertahankan perilaku yang tidak bias di sepanjang audit. Sedangkan independensi dalam penampilan adalah hasil dari interpretasi lainnya dari independensi ini.


Revisi dari Persyaratan Indepndensi Auditor SEC
•Kepentingan Kepemilikan
Aturan baru melarang kepemilikan untuk orang – orang yang tercakup dan keluarga dekat mereka, termasuk (a) anggota dari tim penugasan audit, (b) mereka yang dalam posisi mempengaruhi penugasan audit dalam rangkaian komando perusahaan, (c) rekanan dan para manajer yang memberikan lebih dari 10 jam jasa non audit kepada klien, dan (d) rekanan dalam kantor rekanan yang terutama bertanggung jawab untuk penugasan audit.
•TI dan Jasa Nonaudit Lainnya
Aturan baru mengidentifikasikan jasa non audit yang mengganggu independensi kecuali kondisi tertentu dipenuhi, sebagai tambahan untuk mengkodekan batasan sebelumnya, seperti batasan memberikan jasa pembukuan untuk seorang klien. Tujuan dari pembatasan itu adlah untuk mencegah auditor dari melayani dalam sebuah fungsi manajemen atau berada dalam posisi dimana kantor audit mengaudit pekerjaannya sendiri.

Dewan Standar Independen
Dewan standar independen disebut juga Independence Standards Board (ISB), sebuah badan sector swasta, telah dibentuk tahun 1997 untuk memberikan rangka kerja konseptual bagi masalah independensi yang berhubungan dengan audit perusahaan public. ISB didirikan dibawah perjanjian antara SEC dan AICPA.
Syarat dewan standar independent sebagai berikut :
1.Komite Audit
Adalah sejumlah anggota terpilih dari dewan direksi sebuah perusahaan yang tanggung jawabnya membantu auditor untuk tetap independent dari manajemen.
2.Berbelanja untuk Prinsip – Prinsip Akuntansi
3.Persetujuan Auditor oleh Pemegang Saham
Walaupun tidak diharuskan oleh AICPA atau SEC, makin banyak perusahaan yang meminta pemegang saham untuk menyetujui pemilihan kantor akuntan public baru atau melanjutkan kantor yang ada sekarang.

4.Penugasan dan Pembayaran Fee Audit oleh Manajemen
Alternatif penugasan akuntan public dan pembayaran fee audit oleh manajemen barangkali adalah penggunaan baik auditor pemerintah atau seperti pemerintah. Semua hal telah diperhatikan, bias dipertanyakan apakah fungsi audit akan dilaksanakan dengan lebih baik atau lebih murah oleh sektor publik.

"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran TOEFL Online melalui Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Cara Profesi dan Masyarakat Mendorong Tindakan Akuntan Publik Berkualitas Tinggi

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/08/cara-profesi-dan-masyarakat-mendorong.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Cara Profesi dan Masyarakat Mendorong Tindakan Akuntan Publik Berkualitas Tinggi. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

2 Komentar:

Setiawan Tirta Wijaya said...

test... blog sudah do follow...

Koko James said...

halow an keren jgua nih artikel...
sering berkunjung d..tapi ga ada shout mix ya?

gmpg wan klo ga mau recaptha^^
REGISTER aj ke website gw tuh di kanan halaman web gw^^ ..:D

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO