14 August 2009

Tugas Analisis Primagama dan Pendirian Badan Hukumnya


Tentang Primagama

Primagama Masa Lalu
Niat baik untuk membimbing pelajar kelas 3 SMTA yang ingin memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah mendorong Purdi E. Chandra mendirikan lembaga bimbingan belajar, yang waktu itu lebih dikenal dengan lembaga bimbingan tes Primagama pada tanggal 10 Maret 1982. Niatan itu belakangan menjadi peluang untuk dikembangkan, karena Yogyakarta berstatus kota pelajar. Bahkan tak berlebihan bila dikatakan sebagai "Indonesia Mini". Peluang inilah yang lantas diolahnya. Kemudian catatan bilangan ternyata menunjuk pada angka 32.000-an siswa bergabung dengan Primagama setiap tahunnya, ini membuktikan pemikiran sederhana Purdi tidak meleset. Pasar memang butuh Primagama. Purdi dkk. memiliki keyakinan bahwa usaha bimbingan belajar akan terus berkembang karena pengguna jasa pendidikan memang memerlukan. Kalau masyarakat memang tidak butuh dan Primagama memaksakan diri untuk bergerak di bidang bimbingan belajar ini, maka tidak usah dilarangpun akan mati sendiri.
Keberadaan lembaga bimbingan belajar semakin kuat dengan hadirnya Undang-undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu hal yang ditekankan dalam UU Nomor 2 tahun 1989 adalah terkait dengan tanggung jawab penyelenggaraan pendidikan, yakni bahwa pada dasarnya beban penyelenggaraan pendidikan tidak saja dipikul oleh pemerintah saja, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat.
Pola kompetisi yang cukup ketat di Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) dimana rata-rata yang diterima hanya berkisar 14-17% dari jumlah peserta tes seleksi masuk PTN dan kemampuan Primagama untuk mengantar sukses para siswa bimbingannya, menjadikan dimanapun Primagama membuka cabang segera mendapat respon bagus dari masyarakat. Guna memberikan dasar hukum yang kuat dalam Primagama berkiprah di dunia pendidikan luar sekolah, maka pada tahun ke-4 setelah berdiri dibentuklah Yayasan Primagama dengan akte notaris Daliso Rudianto, SH nomor 123 tahun 1985. Kemudian aspek hukum keberadaan Lembaga Pendidikan Primagama kian berakar kuat setelah mendapat ijin dari Depdikbud dengan SK No : 054/I 13/MS/Kpts/1999.
Lembaga Pendidikan Primagama adalah pemegang Hak Cipta dari Bimbingan Belajar "LEMBAGA PENDIDIKAN PRIMAGAMA" berdasarkan UU No. 6 tahun 1982 tentang Hak Cipta jo. UU No. 7 tahun 1987 tentang Perubahan Atas UU No. 6 Tahun 1982 tentang Hak Cipta pada tanggal 3 Juli 1995 dan telah terdaftar di Direktorat Hak Cipta, Paten dan Merk dengan Nomor Pendaftaran 014127.
Dengan status yang jelas, maka Primagama sejak 1987 terus dikembangkan di kota-kota lain. Selama kurun waktu 1993 sampai tahun 1997 jumlah cabang telah bertambah menjadi 84 kantor cabang pembantu. Bila dirata-rata, pertahunnya ada penambahan 5-6 kantor cabang baru.
Kemudian pada tahun 1997/1998 ada penambahan secara spektakuler yakni penambahan sebanyak 69 kantor cabang pembantu. Total sampai Juli 2002 Primagama memiliki 189 kantor cabang mandiri dan 45 kantor cabang franchise yang tersebar di 83 kota di 27 propinsi (data per 1 Juli 2002).
Pesatnya perkembangan lembaga ini tidak terlepas dari : (1) kesungguhan pengelolanya; (2) kuatnya citra nama/merk Primagama sebagai sebuah lembaga bimbingan belajar; (3) kepercayaan yang tinggi oleh siswa, guru, sekolah pemerintah, pihak perusahaan dan masyarakat luas akan kualitas yang diberikan. (sumber data : Laporan Hasil Survey Departemen Pemasaran, Tahun Akademik 2000/2001).
Pertumbuhan omset Primagama rata-rata tiap tahun tidak pernah kurang dari 35% dibanding tahun sebelumnya. Sedang penguasaan pangsa pasar bimbingan belajar Primagama yang ada di 105 kota tersebut lebih dari 40% dari pasar riil, bahkan hampir di semua kota, posisi Primagama adalah sebagai pemimpin pasar atau market leader.
Tidak hanya jumlah cabang yang bertambah tapi program bimbinganpun juga makin beragam. Pada pertama kali lahir di tahun pelajaran 1982/1983 Primagama baru meluncurkan program bimbingan untuk siswa kelas 3 SMU dan privat. Perkembangan lembaga dan tuntutan masyarakat mendorong pengelola Primagama untuk membuka program bimbingan kelas 6 SD dan kelas 3 SMP pada tahun 1985, disusul kemudian program bimbingan kelas 1 dan 2 SMU, 1, 2 SLTP dan 5 SD pada tahun pelajaran 1992/1993, dan pada tahun 2000 dibuka Program Khusus 4 SD. Selain itu Primagama juga menyelenggarakan Bimbingan Belajar Singkat atau Paket.
Jumlah siswa pun yang pada tahun pelajaran 1981/1982 hanya 64 orang, sepuluh tahun kemudian tahun pelajaran1991/1992 siswa berjumlah 16.500 siswa. Dan pada 7 tahun terakhir ini pula (grafik) telah terjadi perkembangan jumlah siswa yang sangat bagus.
Primagama Masa Kini
Perkembangan Lembaga Pendidikan Primagama yang cukup pesat ini seiring dengan visi & misi yang telah ditetapkan manajemen. Pada umumnya visi perusahaan dihasilkan dari para pendiri perusahaan, yang tidak lain merupakan cita-cita yang ingin diwujudkan dalam jangka panjang. Menjadi bimbingan belajar yang terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia, sebagaimana visi Primagama, tentu tidak pernah lepas dari kepercayaan yang diberikan oleh para siswa dan orangtua, serta masyarakat pada umumnya.
Adapun misi perusahaan "yang pada umumnya merupakan penjabaran dari perwujudan kepentingan stakeholder" di Primagama disusun sebagai berikut :
• Menjadi lembaga bimbingan belajar berskala nasional yang terdepan dalam prestasi (memenuhi kepentingan organisasi, pemilik & konsumen).
• Menjadi tempat karyawan untuk membangun kesejahteraan bersama dan bersama-sama membangun kesejahteraan (memenuhi kepentingan profesional).
• Menjadi perusahaan yang sanggup dijadikan mitra usaha yang handal dan terpercaya (memenuhi kepentingan organisasi & mitra usaha).
• Menjadi tempat bagi setiap insan untuk berkreasi, berkarya, dan mengembangkan diri (memenuhi kepentingan konsumen, profesional & pemilik).
• Menjadi aset pendidikan nasional dan kebanggaan masyarakat (memenuhi kepentingan pemerintah & masyarakat).
Keberadaan Primagama sebagai pendamping belajar siswa di luar sekolah sejalan dengan Undang-undang Sisdiknas 2003 pasal 26 ayat 1 “Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.” Sehingga keberadaan Lembaga Pendidikan Primagama sesuai dengan UU tersebut adalah sebagai penambah pendidikan formal di sekolah.


• PRIMAGAMA
Franchise Name: PRIMAGAMA
Franchise business type: Education, Training
Franchise Fee: Rp.75.000.000 - 1.000.000.000
Office Address
Primagama
PT. Primagama Bimbingan Belajar
Jl. Diponegoro no.89, Yogyakarta
Telp. 0274-520418; 548443 Fax. 0274-521482; 548443
Email: franchise_pg@yahoo.com
PRIMAGAMA adalah usaha jasa pendidikan luar sekolah yang bergerak di bidang bimbingan belajar, didirikan tahun 1982, Merek terdaftar. Berkantor pusat di Jl. Diponegoro 89 Jogjakarta .
• FRANCHISE PRIMAGAMA
Ketentuan program kemitraan dengan pola waralaba atau franchise :
• Sistem Franchise Primagama adalah sistem pengembangan outlet Primagama dengan mitra secara mandiri yang telah membeli hak intelektual dengan membayar franchise fee untuk jangka waktu lima tahun dan membayar royalty fee sebesar 10% dari pendapatan kotor setiap bulan serta wajib mengikuti system dan prosedur pengoperasian Primagama.
• Franchisee sanggup menyediakan dana modal kerja yang cukup untuk biaya pengoperasian outlet dimaksud minimal untuk 6 bulan pertama.
• Pengoperasian cabang/outlet diserahkan sepenuhnya kepada franchisee, tetapi dengan standar pelayanan Primagama. Primagama akan memberikan SOP (standard Operating Procedure) sebagai pedonam operasionalisasi.
• Pengoperasian outlet bisa dilakukan dengan model Titip Kelola, dimana franchisee menyerahkan pengoperasian outlet kepada Manajemen Primagama. Manajemen Primagama akan memberikan laporan setiap bulan kepada franchisee. Model ini sangat tepat bagi investor yang posisi tinggalnya berjauhan dengan lokasi yang dipilih. Contoh: investor berdimisili di Jakarta mengambil outlet Manado .
• Pembelian sarana siswa (modul, dll) dapat dilakukan secara bertahap.
• Primagama mendukung pemasaran secara periodik melalui above the line media (iklan dan acara televisi, surat kabar, majalah dan tabloid nasional) serta perencanaan kegiatan pemasaran lokal dengan event dan media lokal.
• Jaminan pembukan outlet baru minimal berjarak 4,0 km
• Franchisee mendapat prioritas pertama untuk perpanjangan masa franchise lima tahun kedua pada outlet yang sama. Rencana perpanjangan harus sudah dikomunikasikan minimal 6 bulan sebelum masa perjanjian berakhir. Kinerja Franchisee selama masa kontrak akan menjadi pertimbangan.
MODEL FRANCHISE
KETENTUAN FRANCHISE NEW OUTLET
• Franchise fee Primagama untuk satu outlet adalah sebesar antara Rp. 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) – Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) untuk lima tahun. Sesuai wilayah pembuka cabang.(sesuai ketentuan penjualan franchise).
• Membayar biaya survey sebesar Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah) untuk pulau Jawa dan minimal Rp.3.500.000,- (tiga juta rupiah) atau sejumlah harga tiket dan akomodasi untuk 2 hari, untuk wilayah luar Jawa.
• Franchisee sanggup menyediakan tempat yang representative di lokasi strategis yang bisa di set-up menjadi 6 ruang kelas (luas per kelas minimal 20 m2) dan beberapa ruang pendukung operasional lainnya seperti front office, ruang administrator, ruang pengajar dll.
• Ada pembekalan bagi franchisee/investor dan Kepala Cabang yang direkrut oleh pihak franchisee.
• Franchisee dapat meminta bantuan Kepala Cabang dari franchisor (Primagama) untuk memulai usahanya dengan minimal evaluasi 1 (satu) tahun apabila tidak merekrut kepala cabang sendiri.
• Rekruitmen dan training SDM profesional (karyawan dan pengajar / tentor) dilakukan oleh franchisee dan akan dibantu Manajemen Primagama atas biaya franchisee
• Diberikan starter kit berupa program kerja, SOP, sarana/prasarana akademik dan pemasaran standar awal.


"Data kuliah" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran TOEFL Online melalui Belajar TOEFL Online
Thx.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Tugas Analisis Primagama dan Pendirian Badan Hukumnya

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/08/tugas-analisis-primagama-dan-pendirian.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Tugas Analisis Primagama dan Pendirian Badan Hukumnya. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

4 Komentar:

Anonymous said...

test comment without verification...

setiawantw said...

test do follow...

Koko James said...

keren juga nih:D

Arrojaa said...

bagus banget ini analisis bisnisnya.

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO