02 December 2009

Revenue Cycle-Tinjauan Umum Kegiatan Arus Pendapatan-SIA

TINJAUAN UMUM KEGIATAN ARUS PENDAPATAN

Untuk mengetahui logika fungsi dari siklus pendapatan, sebelumnya harus mempelajari diagram arus data (DAD) dan dokumen yang menggambarkan lingkungan kegiatan manual. Banyak organisasi yang mempunyai beberapa operasi yang masih dilakukan secara manual, seperti fungsi penjualan, pergudangan dan pengiriman. Informasi yang diperlukan untuk dapat menyebabkan terjadinya dan yang mendukung tugas-tugas ini pada dasarnya tidak bergantung pada teknologi yang mendasari sistem informasi. Sebagai contoh, surat jalan akan memberitahukan pada proses penagihan bahwa barang sudah dikirim ke pelanggan dan tagihan sudah boleh disiapkan. Surat jalan tersebut akan menyediakan data yang diperlukan, baik surat jalan itu dihasilkan dan diproses secara manual maupun elektronik.
Diagram arus data (DAD) dalam Gambar 4-1 memberikan tinjauan tentang logika aktivitas yang menggambarkan sistem proses pesanan penjualan. Proses tersebut digambarkan dalam langkah-langkah sebagai berikut :
•  Proses penjualan dimulai dari pelanggan menghubungi departemen penjualan. Bentuk hubungan itu dapat melalui telepon, surat, atau datang secara langsung. Departemen penjualan akan menangkap seluruh detail informasi dari kejadian tersebut dan mencatatnya pada pesanan penjualan.
•  Langkah pertama yaitu, melakukan pengesahan transaksi dengan melalui proses persetujuan kredit untuk pelanggan.
•  Saat kredit itu sudah disetujui, informasi penjualan akan diteruskan ke departemen pengihan, pergudangan dan pengiriman.
•  Selanjutnya mengirimkan barang dagangan, yang harus dilakukan segera setelah persetujuan kredit diperoleh.
•  Proses penagihan akan mengumpulkan dokumen-dokumen yang relevan dengan transaksi tersebut (produk, harga, biaya pengurusan, angkutan, pajak dan syarat-syarat potongan harga) dan menagihkannya ke pelanggan.
•  Bagian piutang menerima informasi penagihan dan mencatatnya ke dalam catatan / laporan pelanggan.
•  Demikian juga, bagian pengendalian persediaan menggunakan informasi dari bagian penagihan untuk menyesuaikan data persediaan untuk menggambarkan penurunan persediaan.
Secara berkala (setiap batch, harian, mingguan, bulanan, dan seterusnya) proses penagihan, piutang, dan pengendalian persediaan melakukan perhitungan rekapitulasi dan meneruskan informasi ini ke proses buku besar umum.

"Data kuliah[dot]tk" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Bahan Ekonomi|Akuntansi dan Belajar TOEFL iBT
. Thanks.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Revenue Cycle-Tinjauan Umum Kegiatan Arus Pendapatan-SIA

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/12/revenue-cycle-tinjauan-umum-kegiatan.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Revenue Cycle-Tinjauan Umum Kegiatan Arus Pendapatan-SIA. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

4 Komentar:

Setiawan Tirta Wijaya said...

a

Setiawan Tirta Wijaya said...

a

Preman ngBlog said...

Linknya dah saya pasang balik...

blogodolar?... itu cuma salah satu link_friends, trim's :-)

Setiawan Tirta Wijaya said...

a

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO