08 November 2009

Pengenalan dan Pengertian Manajemen Pemasaran

PENGENALAN DAN PERANAN PEMASARAN

 
 
Materi Bahasan:
•  Pengertian Pemasaran dan manajemen pemasaran
•  Konsep inti pemasaran
•  Falsafah manajemen pemasaran
•  System pemasaran

•  Pengertian Pemasaran dan Manajemen Pemasaran

Perspektif pemasaran akan mengarahkan pada persiapan untuk menjadi seorang pemasar, markerter , pemahaman tentang pemasaran, bagaimana pemasaran dijalankan, apa yang dipasarkan, dan siapa yang melakukan pemasaran.
Pemasar adalah orang yang mencari dan menemukan respon (perhatian, pembelian, suara/vote, donasi) dari pihak lain yang dinamakan prospect . Sedangkan pasar ( market ) banyak pandangan tentang pasar, antara lain:
•  Secara tradisional “market” pasar adalah tempat fisik dimana pembeli dan penjual bersama-sama membeli dan menjual produknya
•  Dalam ilmu ekonomi, “market“, pasar adalah sekumpulan pembeli dan penjual yang melakukan transaksi atas suatu produk tertentu
•  “Marketer”, pemasar sering menggunakan istilah pasar untuk menunjukkan sekumpulan pemebli/konsumen
 
Pemasaran adalah suatu fungsi organisasional dan serangkaian proses penciptaan, komunikasi, dan penyampaian nilai bagi pelanggan serta pengelolaan hubungan dengan pelanggan dengan cara-cara yang menguntungkan bagi organisasi dan pemangku kepentingan, stakeholders . Pemasaran juga merupakan suatu proses social dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran nilai dengan lainnya. Pemasaran adalah mengelola hubungan dengan pelanggan secara menguntungkan:
    • Memperoleh pelanggan baru
    • Mempertahankan dan mengembangkan pelanggan/lama yang ada saat ini
 
Pemasaran dalam organisasi haruslah dikelola dengan professional, oleh karena itu perlu konsep manajemen dalam pengelolaan pemasaran. Manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu dalam memilih pasar sasaran ( target market ) dan memperoleh, mempertahankan, serta mengembangkan pelanggan melalui penciptaan, penyampaian, dan komunikasi atas nilai pelanggan yang superior. Dalam manajemen pemasaran tidak terlepas dari pertukaran dan transaksi antar pihak, terutama pihak organisasi atau perusahaan dengan pihak konsumen.
Syarat terjadinya pertukaran dan transaksi antara lain:
•  Paling tidak ada dua pihak
•  Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lainnya
•  Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan menyampaikan
•  Masing-masing pihak bebas untuk menolak tawaran
•  Masing-masing pihak yakin bahwa kesepakatan dengan pihak lain adalah tepat atau dikehendaki
 


 

•  Konsep Inti Pemasaran

 

1. Needs, Wants, dan Demands:

Need, Kebutuhan
    • Merupakan suatu keadaadn kekurangan pada diri seseorang, segala hal yang tidak ada pada diri seseorang akan menimbulkan kebutuhan
    • Contoh: kebutuhan makan, minum, dll
Want, Keinginan
    • Merupakan kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan factor individu
    • Contoh: keinginan sepiring nasi goring, sebotol the, dll
Demand, Permintaan
    • Keinginan yang didukung oleh daya beli
 
2. Offering:
•  Kombinasi dari produk, layanan, informasi, pengalaman yang memuaskan kebutuhan atau keinginan
•  Offerings/penawaran meliputi layanan/servis, aktivitas, orang, tempat, informasi, ide
 

•  Value dan Satisfaction:

•  Value
• i. Pelanggan membentuk harapan terkait dengan nilai
• ii. Pemasar harus menyampaikan nilai bagi konsumen
•  Satisfaction
• i. Seorang pelanggan yang puas akan membeli lagi dan menceritakan pengalaman baiknya pada yang lain
c. Perceived Value
    • Evaluasi pelanggan atas perbandingan antara benefit dan cost, manafaat dan pengorbanan.
    • Pelanggan seringkali tidak mampu menentukan nilai dan pengorbanan secara akurat dan obyektif.
d. Customer Satisfaction
    • Kinerja produk yang dirasakan dibandingkan dengan harapan pelanggan
 
•  Exchange, Transaction, dan Realtionship:
• i. Exchange/pertukaran adalah Tindakan memperoleh obyek yang dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya
• ii. Pertukaran/exchange bukanlah sasaran/goal , akan tetapi relationship/hubungan dengan beberapa pertukaran merupakan sasaran
• iii. Relationship/hubungan dibangun melalui penyampaian nilai dan kepuasan
 
•  Market:
•  Sekelompok pembeli actual dan potensial suatu produk
•  Pemasar mencari pembeli yang profitable


"Data kuliah[dot]tk" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Bahan Ekonomi|Akuntansi dan Belajar TOEFL iBT
. Thanks.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Pengenalan dan Pengertian Manajemen Pemasaran

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/11/pengenalan-dan-pengertian-manajemen.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Pengenalan dan Pengertian Manajemen Pemasaran. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

3 Komentar:

Reza Fauzi said...

bro silahkan baca postingan komentar balesan dari ane ya

secangkir teh dan sekerat roti said...

uhmmm..

yang saya agak bingung ntar masalah decompling pointnya... apa kita harus mendapatkan decompling point? ato kita justru menunda decompling point itu...?

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

Berguna banget nih bagi yang baru belajar manajemen..sipp bro..:)

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO