20 October 2009

Ruang Lingkup Bisnis Internasional - 1

Pengantar oleh Data Kuliah Crews:


 

RUANG LINGKUP BISNIS INTERNASIONAL

 
 
Tujuan Instruksional Khusus :
Mahasiswa setelah selesai mempelajari modul ini diharapkan mampu untuk memahami ruang lingkup bisnis internasional
 
Daftar Materi Pembahasan :
•  Definisi
•  Alasan Keterlibatan perusahaan dalam Bisnis Internasional
•  Cara Keterlibatan dalam Bisnis Internasional
•  Kekuatan-kekuatan Globalisasi
•  Kekuatan Lingkungan-lingkungan Bisnis Internasional
 
 

PENDAHULUAN
 
Coba anda pikirkan sejenak beberapa banyak produk yang anda gunakan saat ini yang berasal dari luar negeri. Mungkin anda minum kopi Brasil ketika anda makan pagi, mamakai pakaian buatan India atau Malaysia, berangkat ke kampus dengan mengendarai mobil Jerman atau Jepang berbahan bakar bensin yang merupakan hasil penyulingan minyak mentah Venezuela serta menonton televisi Sony buatan Jepang yang dirakit di Meksiko. Mahasiswa di Perancis mungkin menggunakan komputer IBM atau Compaq serta minum Coca Cola.
Mengapa hal tersebut dapat terjadi, karena adanya saling ketergantungan ekonomi meningkat di seluruh dunia seiring dengan pencarian pasar tambahan bagi barang dan jasa perusahaan serta pencarian lokasi fasilitas produksi dengan biaya yang rendah. Dulu bisnis hanya mengandalkan pada penjualan di pasar domestik saja. Sekarang penjualan ke luar negeri menjadi hal yang penting bagi pabrik-pabrik Amerika Serikat, perusahaan berbasis pertanian serta perusahaan jasa untuk menyediakan pasar baru dan kesempatan meraih laba.
 
•  Definisi Bisnis Internasional
Bisnis Internasional adalah bisnis yang kegiatan-kegiatannya melewati batas-batas negara. Kegiatan-kegiatannya tidak hanya perdagangan internasional dan pemanufakturan di luar negeri, tetapi juga industri jasa yang berkembang di bidang-bidang seperti transportasi, pariwisata, perbankan, periklanan, konstruksi, perdagangan eceran, perdagangan besar, dan komunikasi massa.
Dalam kaitannya dengan Bisnis Internasional adalah istilah-istilah mengenai Multinasional/Multidomestik/Multilokal, global, dan transnasional. Perusahaan global dan perusahaan multinasional ( Multinational Coorporation, MNC ) (1) mencoba mencapai economies of scale melalui integrasi global bidang-bidang fungsional, sementara pada saat yang sama (2) menjadi sangat tanggap terhadap perbedaan lingkungan-lingkungan lokal (perusahaan multinasional), dimana perusahaan global memberikan respons secara lemah terhadap lingkungan-lingkungan lokal.
Sebuah perusahaan global yaitu sebuah organisasi yang berupaya untuk:
•  membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional
•  memiliki kehadiran pasarnya di seluruh dunia
•  operasi-operasi yang distandarisasikan di seluruh dunia dalam satu atau lebih bidang-bidang fungsional perusahaan.
•  memajukan operasi-operasinya di seluruh dunia
 
Namun pelaku bisnis biasanya mendefinisikan perusahaan transnasional sebagai perusahaan yang dibentuk oleh suatu merger (penggabungan badan usaha) dari dua perusahaan yang kurang lebih berukuran sama yang berasal dari dua negara yang berbeda (Ball, 2001).Contoh empat di antara yang terbesar adalah Unilever (Belanda-Inggris), Shell (Belanda-Inggris), Pharmasia & Upjohn (Swedia-Amerika), dan ABB (Swedia-Swiss).Binasional adalah nama lain yang diberikan kepada jenis perusahaan ini.
 
•  Alasan Keterlibatan dalam Bisnis Internasional
Ketika pasar domestik mengalami kejenuhan dan pertumbuhan penjualan mulai melambat, perusahaan di semua industri menyadari semakin pentingnya usaha-usaha untuk mengembangkan bisnis di negara lain. Sebagai contoh, McDonald telah membuka restoran di Amerika Latin, Nike merancang sepatu sepak bola untuk mayarakat Brasil dan Wal-Mart menggoda para pembeli Cina melalui berbagai barang dagangan yang dapat dibeli dengan harga diskon. Beberapa contoh perusahaan tersebut dan juga perusahaan Amerika lainnya mengambil keuntungan dari minat yang ditunjukkan oleh masyarakat luar negeri terhadap barang dan jasanya. Demikian juga, pasar Amerika serikat dengan daya beli terbesar di dunia mampu menarik ribuan perusahaan asing untuk pergi ke daratan Amerika. Populasi yang besar, sumber penghasilan yang banyak serta standar hidup yang terus meningkat telah menambah daya tarik negara sebagai sasaran kegiatan ekspor dan impor Amerika.
Bisnis Internasional merupakan hal yang vital bagi suatu bangsa dan aktivitas bisnisnya karena bisa mendorong pertumbuhan ekonomi. Laju rata-rata pertumbuhan negara-nagara berkembang yang melakukan bisnis Internasional adalah 4,5 persen setiap tahunnya bandingkan persentase tersebut dengan laju rata-rata 1 persen setiap tahunnya dari negara-negara yang membatasi bisnis dengan negara lain. Hal yang sama juga dialami oleh negara-negara industri dimana mereka yang melakukan bisnis internasional akan mengalami pertumbuhan ekonomi rata-rata 2,3 persen setahun.
Selain itu, perusahaan di suatu negara yang melakukan bisnis internasional dapat memperluas pasarnya, mencari peluang untuk berkembang di negara lain, mengurangi ketergantungan ekonomi di negara asalnya serta mencapai produksi dan distribusi yang ekonomis. General Motor Corp, seiring dengan penurunan pangsa pasar kendaran ringan di Amerika telah mengalihkan penjualannya ke luar negeri untuk model-model seperti Opel Corsa. Rata-rata dalam setahun perusahaan yang dipimpin oleh Smith ini menjual 800.000 Corsa kepada para pengemudi di 75 negara. GM sedang menerapkan strategi empat pabrik senilai $2,2 miliar untuk usahanya di Argentina, Polandia, Cina dan Thailand guna mengambil keuntungan dari peluang penjualan di negara-negara tersebut . Pabrik-Pabrik baru ini menggambarkan ekspansi internasional terbesar dari perusahaan tersebut. Dengan mengkonsentrasikan investasinya di negara-negara berkembang, GM bermaksud mewujudkan keadaan dimana 50 persen dari kapasitas produksinya berada di luar Amerika Utara.
 
•  Cara keterlibatan dalam Bisnis Internasional
1. Dasar Pemilihan Pasar Tujuan
Meskipun perluasan ke pasar luar negeri menawarkan peluang peningkatan laba dan pemasaran, namun hal itu juga menghadapi kompleksitas baru pada operasi bisnis perusahaan. Sebelum mengambil keputusan untuk memasuki pasar global, suatu perusahaan menghadapi sejumlah keputusan penting sebagai berikut :
•  Menetapkan pasar luar negeri mana yang akan dimasuki
•  Menganalisis pengeluaran yang dibutuhkan untuk memasuki pasar baru
•  Menentukan cara terbaik untuk mengorganisasi operasi lintas negara.
Persoalan-persoalan tersebut bervariasi kepentingannya tergantung pada tingkat keterlibatan yang dipilih oleh perusahaaan. Sebagai contoh, pendidikan dan latihan kerja di negara tuan rumah akan menjadi lebih penting bagi suatu bank yang berencana membuka cabangnya di luar negeri atau pengusaha elektronik yang membangun pabriknya di Asia ketimbang perusahaan yang hanya berencana untuk mengekspor produk buatan Amerika.
Pilihan tentang pasar mana yang akan dimasuki biasanya mengikuti penelitian yang mendalam berfokus pada permintaan lokal atas produk-produk perusahaan serta kemampuan tenaga kerja lokal untuk memproduksi dengan standar kualitas internasional. Faktor-faktor lainnya adalah persaingan yang ada dan mungkin terjadi, tingkat tarif, stabilitas mata uang, hambatan investasi dan bahkan kemungkinan korupsi di pelayanan pabean.
 
2. Tingkat Keterlibatan
Setelah perusahaan menyelesaikan penelitiannya dan memutuskan untuk memasuki pasar luar negeri, kemudian dapat memilih strategi cara memasuki pasar luar negeri berdasarkan tingkat keterlibatannya dalam bisnis internasional antara lain:
•  Mengekspor atau mengimpor
•  Terlibat ke dalam persetujuan yang bersifat kontraktual seperti franchise ,lisensi dan perjanjian subkontrak.
•  Investasi langsung di pasar luar negeri melalui akusisi, joint venture atau pembukaan divisi luar negeri
Meskipun Risiko perusahaan meningkat seiring dengan tingkat keterlibatannya seluruh pengendaliannya atas semua aspek produksi serta penjualan barang dan jasa juga ikut meningkat. Perusahaan seringkali menggabungkan lebih dari satu strategi tersebut di atas dalam satu negara. Di Brasil, Wal-Mart memiliki lima toko pengecer tetapi tergantung pada kontraknya dengan pengusaha truk atau pemasok untuk mengirimkan sebagian besar dari barang-barang impor ke toko-toko tesebut.
 
Tingkat Keterlibatan dalam Bisnis Internasional
 


Derajat Risiko
 
Rendah .................................Menengah..........................................Tinggi
 


Mengekspor Perjanjian Kontraktual Investasi Internasional Langsung
dan Mengimpor Franchising Akuisisi
Pemberian Lisensi Asing Joint Venture
Sub Kontrak Divisi Luar Negeri
 
Rendah .................................Menengah............................................Tinggi
 
Derajat Pengendalian
 
 
•  Kekuatan-kekuatan Globalisasi
Ada lima jenis pendorong berdasarkan perubahan yang membawa perusahaan- perusahaan internasional kepada globalisasi operasi mereka:
•  Politis . Ada kecendrungan terhadap penyatuan dan sosialisasi komunitas global. Kesepakatan-kesepakatan perdagangan-perdagangan preferensial seperti North American Free Trade Agreement (NAFTA) dan Uni Eropa, yang mengelompokkan beberapa negara menjadi sebuah pasar tunggal, telah menyajikan kepada perusahaan-perusahaan peluang-peluang pemasaran yang sangat berarti
•  Teknologi. Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi memungkinkan aliran gagasan dan informasi yang meningkat melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para pelanggan mempelajari barang-barang luar negeri.
•  Pasar. Mengetahui pasar dalam negeri telah jenuh membuat perusahaan-perusahaan mulai merambah pasar-pasar di luar negeri terutama ketika para pemasar menyadari ada suatu kesamaan selera dan gaya hidup pelanggan yang diakibatkan oleh meningkatnya perjalanan wisatawan, TV satelit, dan pemakaian merek global
•  Biaya. Economies of scale untuk mengurangi biaya per unit selalu merupakan tujuan manajemen. Salah satu alat untuk mencapainya adalah mengglobalisasi lini-lini produk untuk mngurangi biaya pengembangan produksi dan persediaan.
•  Persaingan. Kekuatan pendorong persaingan yang lain untuk globalisasi adalah kenyataan bahwa perusahaan-perusahaan mempertahankan pasar-pasar dalam negeri mereka dari para pesaing dengan memasuki pasar-pasar dalam negeri para pesaing itu untuk mengganggunya. (Contoh: Kodak-Fuji)
 
•  Kekuatan Lingkungan-lingkungan Bisnis Internasional
Seperti kita ketahui bahwa lingkungan perusahaan terdiri dari dua lingkungan;
•  Lingkungan Eksternal adalah kekuatan lingkungan luar yang tidak dikontrol manajemen walaupun dapat dipengaruhinya.
•  Lingkungan internal adalah kekuatan lingkungan dalam perusahaan yang diatur manajemen untuk beradaptasi dengan perubahan-perubahan dalam kekuatan yang tidak dapat dikontrol, seperti faktor-faktor produksi dan aktivitas organisasi.
Bisnis internasional berbeda dari bisnis domestik, karena bisnis internasional harus berhadapan dengan kekuatan-kekuatan tiga lingkungan :
•  Lingkungan Domestik adalah semua kekuatan tidak dapat dikontrol yang bersumber dari negara asal yang melingkupi dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
•  Lingkungan Asing adalah semua kekuatan tidak dapat dikontrol yang bersumber dari luar negara asal yang menyelimuti dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Lingkungan Internasional adalah interaksi antara kekuatan-kekuatan lingkungan domestik dan lingkungan asing.

"Data kuliah[dot]tk" ini dibuat untuk memberikan kepuasan kepada orang-orang yang haus akan ilmu. Jika kamu orangnya, silahkan menikmati web ini dengan mendownload tutorial dan bahan-bahan kuliah lainnya.

Kamu juga bisa menikmati pembelajaran Online melalui Bahan Ekonomi|Akuntansi dan Belajar TOEFL iBT
. Thanks.
Best Regards: Setiawantw

Anda boleh menggunakan sumber / materi dari:

Ruang Lingkup Bisnis Internasional - 1

Terima kasih jika Anda mencantumkan / melinkback halaman:

http://datakuliah.blogspot.com/2009/10/ruang-lingkup-bisnis-internasional-1.html

untuk bahan referensi atau Daftar Pustaka Anda dalam pembuatan karya ilmiah, karya tulis, maupun makalah.

Tapi jika anda merasa terganggu dengan linkback Datakuliah.tk karena blog ini tidak berharga bagi Anda, Anda tetap boleh meng-COPYPASTE seluruh atau sebagian artikel ini tanpa linkback, terima kasih Anda menyukai artikel di Materi Data Kuliah Gratis | Jurnal Artikel | Akuntansi | Manajemen: Ruang Lingkup Bisnis Internasional - 1. Anda dapat mencari keseluruhan isi di Daftar Isi DataKuliah

4 Komentar:

antonfkip said...

tenang ajah sob nanti kalu ada rejeki lagi ane bagi-bagi domain lagi, doakan ane semoga banyak rejekinya biar bisa berbagi dengan sahabat-sahabat semua.....btw itu yang di sidebar untuk ngeping ke google yach? blogspot udah punya sitemap tah? bukannya google ga suka kalu ngeping sitemap sob....

Pakde Cholik said...

Bagus artikel seperti ini, sayangnya saya bukan pakar ekonomi yaa, maklum STM.
terima kasih atas bahan kuliah baru bagi saya.
Salam hangat dari Surabaya

Blogodolar said...

Mas Setiawan,

Link Blog Anda sudah saya pasang di sidebar Blog Sahabat.
Monggo dicek Mas :D

safri syamsudin said...

FBS – Dapatkan Bonus Deposit Sekarang Juga, bergabung sekarang juga dengan kami
trading forex http://fbsasian.com
-----------------
Kelebihan Broker Forex FBS
1. HotForex MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

Buka akun anda di http://fbsasian.com
-----------------
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
Tlp : 085364558922
BBM : fbsid007

Post a Comment

Just refresh your mind..
Komentar terbuka demi kemajuan bangsa..

Permintaan modul-modul kuliah, pembahasan materi, dan materi kuliah gratis ataupun sebagainya dalam bentuk word (.doc), powerpoint (.ppt), atau slide lainnya, dapat disampaikan lewat komentar ini.
Jika saya tidak memilikinya, jangan menunggu balasan saya ya. Googling dahulu sebelum membeli.. hahaha

Ingat, orang yang maju adalah yang berpikiran terbuka terhadap masukan dan saran...
Tips Berkomentar yang baik:
Pilih Identitas Anda:

Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.

Name/URL : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website. (jika tidak punya, kosongkan saja URL-nya)

Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan).

Ingat nie!! Tolong bangetzzz, dilarang nyepam, hal yang berkaitan SARA dan penghinaan lainnya. Sopan santun dunia perBlogging-an tetap harus dijaga,Oce..)!!

Tukeran link ada di Tukeran Link Materi Data Kuliah

Artikel NgeTOP

DataKuliah

Komentar Teranyar

My Profile

Seseorang yang mau berbagi seputar dunia akuntansi, manajemen, blogging tips; yang nantinya dapat digunakan bagi rekan-rekan sekalian guna referensi belajar, skripsi, bahan / tugas kuliah.
Semoga dapat membantu...! Share FIRST, Take LATER..!!!
Bagi rekan yang mau mengetahui tentang saya, silakan ke halaman About Me.

  ©Updated by Download Soal dan Materi Kuliah Online | SEO Company UK | Watch Free Movies Online

TOPO